UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA KELAS IV SDN KAPUK 02 PAGI KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT

GLAPITIA STEVARANI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA KELAS IV SDN KAPUK 02 PAGI KECAMATAN CENGKARENG JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (141kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4. SKRIPSI LENGKAP.docx 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Lampiran 26 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (82kB)
[img] Text
COVER 2.pdf

Download (92kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI TEA POWER POIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Kapuk 02 Pagi Jakarta Barat melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kapuk 02 Pagi yang berlokasi di Jalan Komplek Cengkareng Indah Jakarta Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 44 orang siswa. Waktu penelitian dilaksanakan selama dua bulan dari bulan September sampai bulan Oktober 2013 pada semester I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap pada setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Hasil penelitin menemukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa secara bertahap setelah dilakukannya tindakan. Pada siklus I, persentase pencapaian hasil belajar siswa yaitu sebesar 40,90% dengan nilai rata-rata kelas 63, dan hasil tindakan guru sebesar 60% sedangkan tindakan siswa sebesar 60%. Pada siklus II, persentase pencapaian hasil belajar siswa mencapai 97,72% dengan rata-rata kelas 76, dan hasil tindakaan guru mencapai 80% sedangkan hasil tindakan siswa mencapai 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kapuk 02 Pagi Jakarta Barat dapat meningkat dengan menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV dalam proses pembelajaran tentang lidah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana ; 2). Dra. Gusti Yarmi, M. Pd.,
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 11:37
Last Modified: 06 Nov 2019 11:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item