HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN PELANGGAN (CUSTOMER EXPERIENCE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN SOLARIA RATU PLAZA

LIANDA RACHMADHANY, . (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN PELANGGAN (CUSTOMER EXPERIENCE) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN SOLARIA RATU PLAZA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK DLL Skripsi.pdf

Download (625kB)
[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) tentang hubungan antara pengalaman pelanggan (customer experience) dengan loyalitas pelanggan restoran solaria ratu plaza pada pegawai bagian fasilitasi internasional, biro PKLN, Setjen Kemendikbud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan pada bagian fasilitasi internasional, BPKLN Setjen Kemendikbud, selama dua bulan terhitung sejak April 2014 sampai dengan Juni 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Fasilitasi Internasional. Populasi terjangkaunya adalah pegawai Fasilitasi Internasional yang merupakan konsumen Restoran Solaria Ratu Plaza yang berjumlah 98 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 40 orang. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana, dimana persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ=59,73+0,281X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0,0812, sedangkan Ltabel untuk n = 40 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,157. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X (Y – Ŷ) berdistribusi normal. Uji linearitas regresi diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu Fhitung = 1,87 < Ftabel = 2,28, sehingga disimpulkan bahwa model persamaan regresi tersebut linier. Dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 20,29 > Ftabel = 4,18, artinya model persamaan regresi tersebut berarti. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,590, maka ini berarti terdapat hubungan yang positif antara pengalaman pelanggan dengan loyalitas. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 4,504> ttabel = 0,312, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman pelanggan dengan loyalitas. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 34,81% yang menunjukkan bahwa 34,81% variasi loyalitas ditentukan oleh pengalaman pelanggan. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan antara pengalaman pelanggan (customer experience) dengan loyalitas pelanggan restoran solaria ratu plaza pada pegawai bagian fasilitasi internasional, biro PKLN, Setjen Kemendikbud. ************* The purpose of this research is to obtain valid and reliability datas or facts about the possibility correlation between customer experience with loyality on customer of solaria, ratu plaza. The research used survey method with the correlational approach. The research was conducted at departement of international facilitation, bureau of planning and foreign cooperation for two months from April 2014 until June 2014. The population in this study are staff at departement of international. The technique which is used in gathering the sample was simple random sampling about 40 residents. According to statistical computation, the regression equation is Ŷ = 59,73+ 0,281X. Test requirements analysis of the normality test error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) to produce Lcount liliefors test = 0,0812, while the Ltable for n = 40 at 0,05 significant level is 0,157. Because the Lcount < Ltable then an error of estimated regression of Y on X (Y – Ŷ) is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcount < Ftable is Fcount = 1,87 < Ftable = 2,28, so it was concluded that the linear equation regression. From test significance regression produces Fcount > Ftable, which is Fcount = 20,29 > Ftable = 4,18, meaning that the regression equation is significant. Product Moment correlation coefficient of Pearson generating rxy = 0,590, it indicates there’s a positive correlation between brand trust with customer loyalty. Thereafter performed the test significance correlation coefficient using the t-test and the resulting tcount > ttable, which is tcount = 4,504 > ttable = 0,312. It can be concluded that the correlation between customer experience with loyality is significant. The coefficient of determination obtained for 34,81% which shows that 34,81% of the variation of loyality is determined by customer experience. The result of this research has proved the existence of a positive and significant correlation between customer experience with loyality on customer of solaria, ratu plaza.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ferry Setyo Wibowo, M.Si. ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 29 Dec 2020 15:39
Last Modified: 29 Dec 2020 15:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item