NURUL FITRIYANI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN MATAHARI DEPT. STORE ARION MALL PADA WARGA RW 014, RAWAMANGUN DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
NURUL FITRIYANI SKRIPSI-dikompresi.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen Pada Warga RW 014 Di Rawamangun, Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitug sejak bulan Maret 2014 sampai dengan bulan Juni 2014. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga RW 014 di Rawamangun, Jakarta Timur yang menjadi konsumen Matahari Dept Store Arion Mall yang mengalami masalah dengan kualitas produk dan kualitas pelayanan. Sedangkan populasi terjangkau adalah terjangkau adalah warga RT 01/014 sebanyak 55 warga sesuai dengan karakteristik populasi. Berdasarkan tabel penentuan sampel dari Isaac dan Michael dapat diambil sampel sebanyak 48 orang warga dari jumlah populasi terjangkau. Berdasarkan tabel coefficients, nilai thitung Kualitas Produk (X1) sebesar 2.076 > ttabel (2.014) dan Sig 0.044 < 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial hipotesis H1 diterima dan menolak Ho1. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen. Berdasarkan tabel coefficients, nilai thitung Kualitas Pelayanan (X2) sebesar 2.649 > ttabel (2.014) dan Sig 0.011 < 5% sehingga keputusan yang dapat diambil adalah menerima H2 dan menolak Ho2. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 13.219 + 0.3771 +0.4492. Dalam hasil Uji ANOVA atau Uji F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 8,952 pada signifikan 0,001. Untuk mengetahui nilai Ftabel dalam penelitian ini dapat dicari dengan menggunakan tabel statistik pada signifikan 0,05 (5%) sehinggan menghasilkan Ftabel sebesar 3.20 Karena Fhitung > Ftabel (8,952 > 3.20) , maka Ho ditolak, artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara antara kualitas produk dan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen Matahari Dept Store pada warga RW 014, Rawamngun, Jakarta Timur. Hal tersebut berarti semakin baik kualitas produk dan kualitas pelayanan yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula kepuasan konsumen Matahari Dept Store pada warga RW 014, Rawamangun, Jakarta Timur. ****************** The aim of this research is to find the possibility a positive correlation between Quality Products and Quality service With Consumer Satisfaction at District 014 Rawamngun, Jakarta Timur. The period of this research was four months since March 2014 until June 2014. This research used survey methods by correlation approach. The population of this research were all society district 014 Rawamangun, Jakarta Timur who buy and consumer have problems with s Quality Products and Quality service . While the society population at affordable were neighborhood 5 as many as 55 people in accordance with the characteristics of the population. From those population at affordable is taken 48 people for sample. Based on the coefficients table, tcount Product Quality (X1) of 2.076> t table (2.014) and 0.044 Sig <5% so it can be concluded that partial hypothesis H1 is accepted and reject Ho1. This indicates that there is significant influence between product quality to customer satisfaction. Based on the coefficients table, tcount Quality of Service (X2) for 2,649> t table (2.014) and 0.011 Sig <5% so that decisions can be taken is to accept and reject H2 Ho2. In other words, there is a significant relationship between service quality and customer satisfaction. From the calculation results obtained by multiple linear regression equation Y = 13 219 + 0.3771 +0.4492. In the results of the ANOVA test or F test, the value of F at 8.952 at 0.001 significant. To determine the value of F table in this study can be found using the significant statistical tables 0.05 (5%) so that yield Ftable 3:20 Because of F> F (8.952> 3.20), then Ho is rejected, meaning that the quality of product and service quality jointly influence significant impact on customer satisfaction. The conclusion of research shown that a positive correlation Quality Products and Quality service with customer satifaction of Matahari Dept Store at district 014 Rawamangun, Jakarta Timur. It means the better features of the Quality Products and Quality service the higher the customer satifaction of Matahari Dept Store at district 014, Rawamangun, Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Tjutju Fatimah, M.Si. ; 2). Dr. Corry Yohana, MM |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 15:24 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 15:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12193 |
Actions (login required)
View Item |