PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKS TIRTA SARI SURYA JAKARTA

SHALAWATIYASMIN EFFENDI, . (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA PADA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMKS TIRTA SARI SURYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN .pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (196kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan PrasaranaPada Siswa Kelas XIAdministrasi Perkantoran Di SMKSTirtaSari Surya Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhitung mulai dari bulan Oktober sampai dengan Januari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKS Tirta Sari Surya Jakarta yang berjumlah . Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Hang Tuah 1 Jakarta yang berjumlah 129 siswa maka sampel penelitian sebanyak 95 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik acak proporsional. Data telah berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang linear. Berdasarkan uji asumsi klasik, pada uji multikolinearitas terdapat nilai Tolerance dari disiplin belajar dan lingkungan sekolah sebesar 0,883>0,1, dan nilai VIF sebesar 1,133<10. Sedangkan hasil uji heteroskedastisitas melalui uji Spearman’s rho, nilai signifikansi disiplin belajar 0,386>0,05 dan lingkungan sekolah 0,763>0,05. Selanjutnya persamaan regresi yang didapat yaitu Ŷ=16,477 + ,676X1+ 0,249X2. Berdasarkan uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. pertama, berdasarkan hasil uji F maka (Fhitung>Ftabel), yaitu sebesar 39,988>3,10. Kedua, berdasarkan hasil uji t maka (thitung > ttabel), yaitu disiplin belajar sebesar 6,319 >1,986dan lingkungan sekolah sebesar 3,781<1,986. Berdasarkan uji koefisien determinasi, disiplin belajar dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 46,5% sedangkan sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar Otomatisasi Tata Kelola Sarana Dan PrasaranaPada Siswa Kelas XIAdministrasi Perkantoran Di SMKSTirta Sari Surya Jakarta. Oleh karena itu, pada variabel disiplin belajar hendaknya lebih memperhatikan absensi dan tata tertib sekolah sehingga tidak ada lagi berjalan sebagaimana mestinya agar siswa tidak kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan pada variabel lingkungan sekolah dengan indikator lingkungan fisik dan lingkungn sosial, yang terendah adalah lingkungan fisik yang kurang kondusif. Oleh karena itu, sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana yang harmonis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuryetty Zain, M.M, ; 2). Marsofiyati, S.Pd, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Jan 2021 16:50
Last Modified: 06 Jan 2021 16:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item