PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA TIMUR

SHOFIFATUR ROHMAH, . (2019) PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (468kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (624kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (468kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Kecerdasan Interpersonal dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri Wilayah Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan terhitung dari bulan April sampai dengan Juni2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 48 dan SMK Negeri 51 Jakarta yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random samplingsehingga didapatkan sampel sebanyak 105 siswa. Data variabel hasil belajar merupakan data sekunder yang diperoleh dari nilai ulangan harian dan Penilaian Tengah Semester. Sedangkan data variabel kecerdasan interpersonal diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan skala likert yang berjumlah 36 butir pernyataan. Kemudian data variabel kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui tes yang berjumlah 9 soal. Dari uji persyaratan analisis yang dilakukan, data dinyatakan berdistribusi normal dan linear dengan persamaan regresi ganda Ŷ= 62,706 +0,073X1+ 0,657X2. Berdasarkan hasil analisisdata, diperoleh nilai Fhitung(10,557) > Ftabel(3,090), sehingga kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Pada variabel kecerdasan interpersonal diketahui bahwa thitung(2,088) > ttabel(1,9835) sehingga hipotesis Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar. Pada variabel kemampuan berpikir kritis diketahui bahwa thitung(3,197) > ttabel(1,9835), maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar. Besarnya pengaruh variabel kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap hasil belajar (R2) adalah 17,2%. Nilai R sebesar 0,414 artinya terjadi hubungan yang sedang antara kecerdasan interpersonal dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ati Sumiati, S.Pd.,M.Si., ; 2). Dr. Mardi, M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2021 18:39
Last Modified: 06 Jan 2021 18:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item View Item