MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWABADAK UTARA 11 JAKARTA UTARA

Hidayati Pertiwi, . (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWABADAK UTARA 11 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (134kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (335kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
25. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93kB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Rawabadak Utara 11 Jakarta Utara dengan menggunakan media buku harian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawabadak Utara 11 Jakarta Utara pada semester II tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes, pengamatan tindakan, dan catatan lapangan. Hasil evaluasi tes membaca pemahaman yang diperoleh siswa pada siklus I baru 75% siswa mencapai skor 70 dan pada siklus II semua siswa mencapai skor 70. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa mengalami peningkatan sebesar 25%. Hal tersebut dikarenakan efektivitas penggunaan media buku harian pada pembelajaran bahasa Indonesia. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media buku harian pada pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN Rawabadak Utara 11 Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd ; 2). Drs. A.R Supriatna, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 15:17
Last Modified: 06 Nov 2019 15:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item