PENGARUH PERSEPSI NEGARA ASAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PONSEL PINTAR LENOVO

RIZKI FADLI, . (2014) PENGARUH PERSEPSI NEGARA ASAL DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI PONSEL PINTAR LENOVO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bab I, II, III, IV, V skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi negara asal, pengetahuan produk dan minat beli serta melakukan pengujian pada variabel persepsi negara asal dan pengetahuan produk yang mempengaruhi minat beli ponsel pintar Lenovo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan kausal dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang sedang berada pada gerai Lenovo ITC Depok, yang belum pernah menggunakan ponsel pintar Lenovo. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang kemudian alat analisis yang digunakan adalah SPSS 17.00. Hasil dari uji t menunjukkan persepsi negara asal terhadap minat beli berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikansi X1 ke Y (0.000), dan pengetahuan produk terhadap minat beli juga berpengaruh secara signifikan dengan nilai signifikasi X2 ke Y (0.000) keduanya tidak lebih besar dari 0.05. Hasil dari uji F menunjukan pengaruh yang signifikan dari persepsi negara asal dan pengetahuan produk terhadap minat beli yaitu (0.000). Kemudian hasil dari koefisien determinasi pada penelitian ini menunjukkan besarnya variasi nilai variabel citra merek dapat menjelaskan variabel minat beli sebesar 39.2%; variabel pengetahuan produk dapat menjelaskan variabel minat beli sebesar 45.1%; (3) secara keseluruhan citra merek dan pengetahuan produk dapat menjelaskan variabel minat beli sebesar 84.3%. Sementara 15.7% sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. ********** This research was aimed to describe and test the influence of Country of origin perception, Product knowledge toward Purchase intention. The research was conducted by using quantitative, descriptive, and causal research design, with the usage of survey methods. The population in this study was customers who visit Lenovo Store at ITC Depok, and have not used Lenovo smartphone before. The sample in this research was counted as 100 respondents and the research’s analysis was conducted by using SPSS 17 software. The result of the t test showed that country of origin perception gave significant influence toward purchase intention with the significance value of X1 to Y (0.000), and product knowledge also significantly influenced purchase intention with the value of significance X2 to Y (0.000) ,both are not greater than 0.05. The result of F test simultaneously indicated that country of origin perception and product knowledge significantly influenced purchase intention (0.000). The result of determination analysis in this research showed the variation of country of origin variable could explain the purchase intention variable for 39.2%, and product knowledge variable could explain purchase intention for 45.1% and both country of origin and product knowledge variables could explain purchase intention together for 84.3%. While 15.7% could be influenced or explained by other variables which were not included in this research model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Ferry Wibowo, SE, M.Si. ; 2). Dra. Basrah Saidani, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 08 Jan 2021 16:58
Last Modified: 08 Jan 2021 16:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12277

Actions (login required)

View Item View Item