PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI.SMK MUARA INDONESIA JAKARTA

SYAHRUL AZIS, . (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI.SMK MUARA INDONESIA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR'.pdf

Download (199kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengarauh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X OTKP SMK Muara Indonesia Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan, yaitu bulan Mei-Juni 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Muara Indonesia Jakarta. Sedangkan Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Muara Indonesia Jakarta yang berjumlah 139 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden, jumlah ini didapat dari tabel Issac dan Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode acak propotional (propotional random sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skla likert. Data variabel Prestasi Belajar (Y) merupakan data sekunder dari nilai raport sekolah smester genap tahun ajaran 2019/2020. Variabel Motivasi Belajar (X1) merupakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner penelitian. Sedangkan variabel Disiplin Belajar (X2) merupakan data sekunder yang diperoleh dari guru atau wali kelas siswa kelas X OTKP 1 sampai X OTKP 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan linieritas. Kedua, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Ketiga, uji regresi linier berganda, keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji f. Perhitunngan terakhir yaitu uji analisis koefisien determinasi. thitung pada variabel motivasi belajar sebesar 6,841 dan thitung pada variabel disiplin belajar sebesar 3,489. ttabel pada penelitian ini sebesar 1,986. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan variabel motivasi belajar dan disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan untuk Uji F, diperoleh Fhitung sebesar 40,345 dan Ftabel dalam penelitian ini sebesar 3,10. Karena Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Persamaan regresi berganda pada penelitian ini diperoleh hasil Ῠ = 58,110 + 0, 158X1+0, 281X2 dan koefisien deterrminasi pada penelitian ini sebesar 0,467. Ini berarti pengaruh variabel motivasi belajar (X1) dan Disiplin Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y) sebesar 46,7%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widya Paramita, SE., M.PA ; 2). Darma Rika Swaramarinda, S.Pd., M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Jan 2021 14:55
Last Modified: 26 Oct 2022 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item