PERANCANGAN BERBASIS USER EXPERIENCE PADA MODUL ADMIN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Azizah Khoiro Nisah, . (2019) PERANCANGAN BERBASIS USER EXPERIENCE PADA MODUL ADMIN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover halaman depan.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. abstrak & abstract.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. lembar persetujuan.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. orisinalitas.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (93kB)
[img] Text
11a. bab 1.pdf

Download (27kB)
[img] Text
11b. bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
11c. bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
11d. bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
11e. bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (87kB)

Abstract

Dewasa ini, umumnya perguruan tinggi menerapkan sistem informasi dalam pengelolaan berbagai data, baik akademik maupun non-akademik. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menggunakan sistem informasi sebagai sarana pengelolaan data akademik dimana sistem informasi tersebut dinamakan SIAKAD UNJ. SIAKAD UNJ berkemungkinan besar mengalami perubahan, namun karena proses perubahan fitur sebelumnya tidak terdokumentasi dengan lengkap maka menyebabkan pengembangan sistem menjadi lebih sulit. Adapun pengembangan SIAKAD UNJ dapat dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya merancang User Interface (UI). UI pada SIAKAD UNJ saat ini belum dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik pengguna dalam menggunakan suatu sistem, maka dari itu dibutuhkan sebuah pendekatan pengembangan yang tepat. Salah satu pendekatan pengembangan yang dapat diterapkan adalah User Experience (UX). UX memiliki berbagai metode perancangan. Dalam penelitian ini, UI pada SIAKAD UNJ dirancang dengan menggunakan metode The Wheel. Desain UI yang dihasilkan selanjutnya akan diuji dengan usability testing yang berkaitan dengan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Pengukuran nilai efektivitas dan efisiensi menggunakan hasil usability testing, sedangkan kepuasan menggunakan User Experience Qustionnaire. Hasil pengujian menunjukkan nilai efektivitas mencapai 100%, nilai efisiensi di bawah 0,10 goals/sec untuk 4 tugas dan di atas 0,10 goals/sec untuk 11 tugas, dan tingkat kepuasan menunjukkan hasil yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T. ; 2). Widodo, M.Kom. s
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2021 13:40
Last Modified: 18 Jan 2021 13:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12405

Actions (login required)

View Item View Item