PENGARUH PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH, KULTUR KERJA, SIKAP PROFESI, DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI JAKARTA UTARA

RAIDERS SALOMON MARPAUNG, . (2020) PENGARUH PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH, KULTUR KERJA, SIKAP PROFESI, DAN PERCAYA DIRI TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI JAKARTA UTARA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikompresi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan kepala sekolah, kultur kerja, sikap profesi dan percaya diri terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik analisis jalur dengan pengujian hipotesis untuk pengaruh langsung menggunakan uji t dan pengaruh tidak langsung menggunakan Sobel test. Untuk sampel sebagai wilayah penelitian diambil sebanyak 90 orang yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan hasil perhitungan semua data dalam penelitian ini adalah berdistribusi normal. Selanjutnya, hasil uji signifikansi dan linieritas regresi antara variabel prediktor (X) dengan variabel kriteria (Y), semuanya memiliki hubungan linier yang signifikan. Sedangkan hasil perhitungan dan uji koefisien jalur, dari 9 pengaruh langsung dan 4 pengaruh tidak langsung yang diuji hanya 6 signifikan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh langsung positif pembinaan kepala sekolah terhadap kultur kerja; (2) Ada pengaruh langsung positif pembinaan kepala sekolah terhadap sikap profesi; (3) Ada pengaruh langsung positif pembinaan kepala sekolah terhadap percaya diri; (4) Tidak ada pengaruh langsung pembinaan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (5) Ada pengaruh langsung positif kultur kerja terhadap kinerja guru; (6) Tidak ada pengaruh langsung sikap profesi terhadap kinerja guru; (7) Tidak ada pengaruh langsung percaya diri terhadap kinerja guru; (8) Ada pengaruh langsung positif sikap profesi terhadap percaya diri; (9) Ada pengaruh langsung positif kultur kerja terhadap sikap profesi; (10) Pengaruh tidak langsung pembinaan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui sikap profesi tidak signifikan; (11) pengaruh tidak langsung kultur kerja terhadap kinerja guru melalui sikap profesi tidak signifikan; (12) pengaruh tidak langsung pembinaan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui percaya diri tidak signifikan; (13) pengaruh tidak langsung sikap profesi terhadap kinerja guru melalui percaya diri, tidak signifikan..Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan dan peningkatan kinerja guru, unsur kultur kerja harus diperhatikan.*****This study aims to determine the effect of guidance principal, working culture, professional attitude and self confidence on teacher work performance. This study uses survey method approach and path analysis technique with hypothesis testing using t test. For the sample as a research area as many as 90 people were selected by using the proporsional random sampling technique. The normality test in this study uses Kolmogorov-Smirnov test and the results of the calculation of all data in this study are normally distributed. Furthermore, the results of significance test and linearity regression between the predictor variable (X) and the criterion variable (Y), all have a significant linear relationship. While the results of calculations and test path coefficient, of the 9 direct effect and 4 indirect effect tested only 6 were significant. The research findings are as follows: (1) There is a positive direct effect on the guidance of the principal on work culture; (2) There is a positive direct effect on the guidance of principal on professional attitudes; (3) There is a positive direct effect of guidance principal on self-confidence; (4) There is no direct effect on the guidance of principal on teacher work performance; (5) There is a positive direct effect of work culture on teacher work performance; (6) There is no direct effect of professional attitude on teacher work performance; (7) There is no direct effect of confidence on teacher work performance ; (8) There is a positive direct effect of professional attitudes on confidence; (9) There is a positive direct effect of work culture on professional attitudes; (10) The indirect effect guidance of principals on teacher performance through professional attitudes is not significant; (11) The indirect effect of work culture on teacher performance through professional attitudes is not significant; (12) The indirect effect of guidance principals on teacher performance through self-confidence is not significant; (13) The indirect effect of professional attitudes on teacher performance through self-confidence, is not significant. The results showed that in the development and improvement of teacher work performance, element of work culture must be considered.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Thamrin Abdullah, M.M., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ma'ruf Akbar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 6570 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 16:57
Last Modified: 25 Jan 2021 16:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item