PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Limbangan Tengah III Kecamatan Bl Limbangan Garut )

SEPTIE ELPRIDHA, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Limbangan Tengah III Kecamatan Bl Limbangan Garut ). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (866kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (528kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh model pembelajaran (grup investigasi dan inkuiri terbimbing) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Limbangan Tengah III Kecamtan BI Limbangan Garut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen by level 2 x 2 (factorial design). Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang dikaji yaitu: hasil belajar IPA sebagai variabel terikat (Y), sedangkan variabel bebasnya adalah (1) model pembelajaran (grup Investigasi dan inkuiri terbimbing), (2) kemampuan berpikir kritis (kemampuan berpikir Kritis rendah dan kemampuan berpikir Kritis tinggi). Dalam penelitian ini yang menjadi populasi sasaran adalah seluruh siswa SDN Limbangan Tengah III, Kecamtan BI Limbangan Garut. Sedangkan Populasi terjangkau adalah siswa kelas V SDN Limbangan Tengah III Garut. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigasi lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan kemampuan berpkiri kritis terhadap kemampuan hasil belajar IPA, (3) siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi memilik hasil belajar IPA lebih tinggi bila menggunakan model pembelajaran grup Investigasi, dan (4) siswa yang memiliki kemampuan berpikir Kritis rendah memiliki hasil belajar IPA lebih rendah bila menggunakan model pembelajaran Inkuiri terbimbing. *************** This study aims to determine the effect of learning methods (guided inquiry and investigation groups) and critical thinking skills on science learning outcomes. The research was conducted on a fifth grade students of State Elementary School Limbangan Tengah III, BI Limbangan Garut district. This study used an experimental method by level 2 x 2 (factorial design). In this study, there were three variables studied, namely: science learning outcomes as the dependent variable (Y), while the independent variables were (1) learning models (guided inquiry and investigation group), (2) critical thinking skills (low critical thinking and high critical thinking skills). In this study, the target population is all students of SDN Limbangan Tengah III, BI Limbangan Garut district. While the affordable population is students on 5th grade. The samples in this study were students at 5th grade. The sampling technique was using random sampling technique. The results showed that: (1) the learning outcomes of students using the investigation group learning model were higher than the science learning outcomes of students who used the guided inquiry learning model, (2) there was an interaction effect between the use of learning models and the critical thinking ability on the science learning outcomes, (3) students who have high critical thinking skills have higher science learning outcomes when using the Investigation group learning model, and (4) students who have low critical thinking skills have lower science learning outcomes when using the guided inquiry learning model.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof . Dr. Yetti Supriyati, M.Pd. ; 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 8839 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2021 10:18
Last Modified: 04 Feb 2021 10:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item