OPTIMASI TATA LETAK AREA SERVIS KENDARAAN PADA PT.X UNTUK MENGURANGI LEAD TIME

MATTHEUS VICTOR P, . (2019) OPTIMASI TATA LETAK AREA SERVIS KENDARAAN PADA PT.X UNTUK MENGURANGI LEAD TIME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (72kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (188kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
05. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (570kB)
[img] Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
12.a Bab I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
12.b Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
12.c Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
12.d Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12.e Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Victor,Mattheus. “Optimasi Tata Letak Area Servis Kendaraan Pada PT.X Untuk Mengurangi Lead Time”.Penelitianini bertujuan untuk mengoptimasi lead timeservis 80.000 km yang bermasalah dengan membandingkan waktu perpindahan kendaraan servis menuju spooring dari rancangan tata letak area servis yang ada saat ini dengan rancangan tata letak alternatif yang di buat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rekayasa teknik.Pada penelitianini dihasilkan data berupa waktu perpindahan kendaraan.Proses pertamayangdilakukan adalah membuat 2 rancangan tata letak alternatif. Setelah itudilakukan pengukuran waktu perpindahan kendaraan dari tata letak yang ada saat ini, tata letak alternatif I dan tata letak alternatif II. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa waktu perpindahan kendaraan terendah terdapat pada tata letak alternatif I, yaitu dengan merancang ulang tata letak area servis pada bagian stall spooringdengan memusatkannya di tengah. Tata letak alternatif I menghasilkan total waktu perpindahan terendah yaitu 167 detik. Sementara total waktu perpindahan tertinggi terdapat pada tata letak alternatif II yaitu 241 detik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agung Eng Premono M.T ; 2). Dr. Himawan Hadi Sutrisno M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Feb 2021 13:49
Last Modified: 04 Feb 2021 13:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item