Penggunaan Media Software Sibelius 7 dan Music Tutor dalam Pembelajaran Notasi Balok Murid Kelas X SMA PGRI Cibadak Sukabumi.

M. Fakhri Fauzani, . (2018) Penggunaan Media Software Sibelius 7 dan Music Tutor dalam Pembelajaran Notasi Balok Murid Kelas X SMA PGRI Cibadak Sukabumi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI COVER+DAFTAR ISI REVISIAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I REVISIAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II REVISIAN.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB III REVISIAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV REVISIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V REVISIAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh data yang akurat mengenai penggunaan media software sibelius 7 dan music tutor dalam pembelajaran notasi balok murid kelas X SMA PGRI Cibadak Sukabumi, ditinjau berdasarkan tata cara penerapan, tahap-tahap penerapan, serta kegiatan pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, studi pustaka serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui pedoman observasi, transkrip wawancara, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu dimulai pada bulan September hingga Desember 2017. Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan untuk mengetahui penggunaan media software sibelius 7 dan music tutor dalam pembelajaran notasi balok murid kelas X SMA PGRI Cibadak Sukabumi, menunjukkan bahwa penggunaan media software tersebut dilakukan selama 8 jam pelajaran dan terbagi beberapa tahapan. Mulai dari pengenalan simbol dasar musik atau bagian-bagian notasi balok yang terdapat dalam partitur, pengenalan not and rest, solmisasikan hingga memainkan ritmik notasi balok dari media software sibelius 7, menghafal not dalam paranada menggunakan media software music tutor secara berkelompok maupun individu, sampai pembelajaran teknik fingering sebagai persiapan untuk praktik bermain alat musik. Dalam kegiatan pembelajarannya guru menerapkan menerapkan pendekatan e-learning karena dalam pembelajarannya menggunakan jasa bantuan teknologi atau alat elektronik seperti laptop, proyektor, speaker, dan handphone. Maka dapat disimpulkan bahwa guru seni budaya/musik SMA PGRI Cibadak telah mencoba menerapkan pembelajaran abad 21 yang menuntut penggunaan ilmu dan teknologi (IT).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Tuti Tarwiyah, M.Si 2) Dra. Sri Hermawati, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Nov 2019 15:12
Last Modified: 07 Nov 2019 15:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item View Item