MANAJEMEN SDM TENAGA DOSEN DI UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH PONDOK GEDE BEKASI (Studi Kasus Kajian HRM)

SRI LESTARI, . (2021) MANAJEMEN SDM TENAGA DOSEN DI UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI’IYAH PONDOK GEDE BEKASI (Studi Kasus Kajian HRM). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya manusia yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif yang dapat digunakan secara maksimal sehingga dapat tercapai tujuan suatu organisasi. Adapun visi UIA adalah untuk mewujudkan institusi pendidikan yang unggul ditingkat nasional maupun Internasional menjadi pusat pengembangan dan pengamalan agama, ilmu pengetahuan dan tehnologi serta sumber daya insani di tahun 2035. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif study kasus dengan melakukan explanasi (menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa). Tehnik pengumpulan data (observasi, wawancara, video, foto, pengumpulan data), uji keabsahan data (triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi teori). Berdasarkan hasil wawancara dengan informan inti dan informan pendukung sebanyak 25 reponden dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perencanaan di UIA antara lain: sudah membuat visi dan misi untuk 5 tahun kedepan, sudah ada peta perencanaan dosen, pemenuhan kebutuhan dosen secara isidentil, faktor penghambat perencanaan antara lain: belum dibuatkan budget biaya secara konsisten, pengunaan IT belum maksimal. Pelaksanaan pengembangan UIA antara lain: pelatihan, work shop, pelaksanaan pelatihan secara tentative, bagi dosen yg ingin melanjutkan kuliah S.3 diberikan support dan dispensasi berupa keringanan beban mengajar serta dibebas tugaskan sebagai struktural. Faktor penghambat pengembangan antara lain: belum dibuatkan budget biaya pelatihan untuk 1 tahun dan pengajukan biaya secara tentative apabila diperlukan dan sosialisasi mengenai pelatihan masih kurang, kurangnya minat dari dosen untuk mengikuti pelatihan, dikarenakan pelaksanaan berbarengan dengan jadwal mengajar dosen. Pelaksanaan pengawasan antara lain: monitoring dilakukan secara berkala oleh team LPJM dengan menanyakan secara langsung dan redom kepada peserta pelatihan, adanya SOP tentang pengawasan yang dibuat oleh UIA, faktor penghambat antara lain: kurangnya kontrol dan pendekatan dari pimpinana kepada bawahan, kesejahteraan dosen masih kurang, penggunaan tehnologi belum efektif. Kebaharuan dalam penelitian ini yaitu: adanya unsur relegius yang kuat dan keiklasan untuk beribadah kepada Alloh SWT yang merupakan pendukung utama dosen dalam mewujudkan visi dan misi dan tetap bertahan bekerja di UIA . Adanya asumsi dasar dari Teori Konstruksi Sosial sebagai berikut : a) Realitas merupakan hasil ciptaan manusia kreatif melalui kekuataan konstruksi sosial terhadap dunai sosial di sekelilingnya. b)Hubungan antara pemikiran manusia dan konteks sosial tempat pemikiran itu timbul, bersifat berkembang dan dilembagakan. c)Kehidupan masyarakat itu dikonstruksi secara terus menerus.d).Membedakan antara realitas dengan pengetahuan. Realitas diartikan sebagai kualitas yang terdapat di dalam kenyataan yang diakui sebagai memiliki keberadaan yang tidak bergantung kepada kehendak kita sendiri.*********** Human resource management is a way of managing the relationships and roles of human resources owned by individuals efficiently and effectively which can be used optimally so that the goals of an organization can be achieved. The vision of UIA is to make educational institutions that excel at national and international levels become a center for the development and practice of religion, science and technology as well as human resources in 2035. In this research, a qualitative case study method is used by explaining explain the cause and effect of an event). Data collection techniques (observation, interviews, videos, photos, data collection), data validity testing (data triangulation, method triangulation, and theory triangulation). Based on the results of interviews with core informants and supporting informants as many as 25 respondents, it can be concluded that the implementation of planning at UIA includes: having made a vision and mission for the next 5 years, there is a lecturer planning map, fulfilling the needs of lecturers identically, the inhibiting factors for planning include: a cost budget has not been made consistently, the use of IT has not been maximal. The implementation of UIA development includes: training, work shop, implementation of training tentatively, for lecturers who wish to continue their study at S.3 are given support and dispensation in the form of reducing the teaching load and being relieved of structural duties. The inhibiting factors for development include: a training cost budget for 1 year has not been made and proposing costs tentatively if needed and lack of socialization regarding training, lack of interest from lecturers to take part in training, due to implementation in conjunction with the lecturer teaching schedule. The implementation of supervision includes: monitoring is carried out periodically by the LPJM team by asking directly and redom to the training participants, the existence of SOPs on supervision made by UIA, inhibiting factors include: lack of control and approach from leaders to subordinates, lecturer welfare is still lacking, the use of technology has not been effective. The novelty in this research is: there is a strong religious element and sincerity to worship Allah SWT who is the main supporter of the lecturers in realizing the vision and mission and still working at UIA. The basic assumptions of the Social Construction Theory are as follows: a) Reality is the result of a creative human creation through the power of social construction against the social world around him. b) The relationship between human thought and the social context in which it arises, is developed and institutionalized. c) Community life is continuously constructed. d) Distinguishes between reality and knowledge. Reality is defined as a quality contained in reality which is recognized as having an existence independent of our own will.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Makruf Akbar, M.Pd. ; 2). Prof. Dedi Purwana, M.Bus
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 18 Feb 2021 12:13
Last Modified: 22 Jan 2024 02:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12801

Actions (login required)

View Item View Item