PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SANTO ANTONIUS, JAKARTA TIMUR

ACHMAD SYUKRON BAWAFI, . (2020) PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SANTO ANTONIUS, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III KESIMPULAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari karya ilmiah ini yaitu mengetahui persepsi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran geografi. Adapun lokasi penelitian karya ilmiah dilaksanakan di SMA Santo Antonius, Jakarta Timur. Sedangkan, waktu penelitian karya ilmiah dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 4 November 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian karya ilmiah ini yaitu deskriptif. Populasi dari penelitian karya ilmiah ini adalah seluruh siswa jurusan IPS SMA Santo Antonius, Jakarta Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, dan didapatkan 161 siswa. Teknik analisis data pada penelitian karya ilmiah ini menggunakan statistika deskriptif berbentuk presentase. Hasil penelitian karya ilmiah menunjukkan bahwa tingkat persepsi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran geografi di SMA Santo Antonius, Jakarta Timur termasuk dalam kategori tingkat persepsi tinggi dengan jumlah 87 siswa atau 54%, sangat tinggi 7 siswa atau 4,3%, rendah 57 siswa atau 35,4%, sangat rendah 10 siswa atau 6,2%. Data tersebut berdasarkan beberapa indikator, yaitu: tujuan pembelajaran, bahan ajar, kegiatan belajar, metode belajar, alat pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi belajar. Pembelajaran daring merupakan hal yang baru bagi siswa, oleh karena itu seluruh unsur yang terlibat dalam pembelajaran daring mata pelajaran geografi seperti guru, siswa, orang tua siswa dituntut untuk aktif menjalankan tugas dan fungsinya. Persepsi siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran geografi berbeda setiap kelas. Hal tersebut dipengaruhi oleh usia mental yang terbentuk pada setiap siswa berbeda serta pengalaman dan minat siswa juga berbeda. Perbedaan jenis kelamin pada persepsi siswa dipengaruhi oleh sifat-sifat alamiah yang dimiliki siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pembelajaran daring mata pelajaran geografi di SMA Santo Antonius, Jakarta Timur menerapkan pembelajaran yang memiliki ciri pembelajaran geografi sehingga tujuan pembelajaran geografi juga tercapai Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Geografi ************ This Scientific work is aimed to know the perception of students on online learning geography subjects. This scientific work research was conducted in at Santo Antonius Senior High School, East Jakarta. Meanwhile, the time of the scientific work research was conducted in October 26th 2020 until November 4th 2020. The method used in this scientific work research was descriptive. The population of this scientific work research is all social major students at Santo Antonius, East Jakarta amounting to 161 students. Sampling using a saturated sampling technique and obtained 161 students. Technical analysis of data in this scientific work research using descriptive statistics in the form of percentages. The results showed the level of students perceptions on online learning geography subjects in Santo Antonius Senior High School, East Jakarta included in the high category of 87 students or 54%, very high of 7 students or 4,3%, low 57 students or 35,4 students, very low 10 students or 6,2%. This data based on several indicators that is: learning objectives, teaching materials, learning activities, study method, learning tools, learning resources, and learning evaluation. Online learning is a new thing for students, therefore All elements involved in online learning in geography subjects such as teachers, students, parents are required to actively carry out their duties and functions. Students perceptions of online learning in geography are different for each class. This is affected on mental age which is formed by each student is different and experience, interest student also different. Gender differences on students perception affected by nature character of male student and female student. Online learning geography subjects at SMA Santo Antonius, East Jakarta applies learning that has the characteristics of learning geography so that the objectives of learning geography are also achieved. Keywords: Perception, Online Learning, Geography Subjects

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Asma Irma Setianingsih, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 8842 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2021 12:39
Last Modified: 18 Feb 2021 12:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12823

Actions (login required)

View Item View Item