PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MATA PELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEB DI MTS NEGERI 25 JAKARTA (تطوير نموذج التعلم الالكتروني لمادة اللغة العربية القائم على الويب (في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 25 جاكرتا

FAQIHA NIBROS SALAMAH, . (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MATA PELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS WEB DI MTS NEGERI 25 JAKARTA (تطوير نموذج التعلم الالكتروني لمادة اللغة العربية القائم على الويب (في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 25 جاكرتا. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

E-learning dianggap sebagai metode pembelajaran baru yang sangat berfokus pada pusat informasi dan institusi akademik sebagai bentuk baru yang sepadan dan berkembang sesuai dengan teknologi informasi, sehingga e-learning telah menjadi bagian penting dalam bidang akademik perguruan tinggi. Berdasarkan keadaan negara kita yang saat ini terpapar virus COVID-19, maka peran pembelajaran berbasis internet sebagai penunjang proses pembelajaran menjadi sangat penting dan diperlukan. Apalagi di era global saat ini, transformasi berlangsung sangat cepat, Di Mts Negeri 25 Jakarta, implementasi pembelajaran online melalui platform e-learning yang disediakan oleh Kementerian Agama. Platform ini dapat membantu siswa dan pendidik dengan pembelajaran online ini. Tetapi ketika kami melihat hasil belajar siswa, kami menemukan bahwa beberapa siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih rendah. Fenomena tersebut menyebabkan banyak faktor, termasuk kurangnya sarana pendidikan yang tersedia. Berangkat dari hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model e-learning berbasis web untuk mata pelajaran bahasa Arab di Mts Negeri 25 Jakarta, dan pengembangan serta penelitian ini menggunakan metode R&D model Dick and Carrie dengan kode ADDIE. Hasil uji kelayakan dari ahli materi model e-learning mata kuliah bahasa arab berbasis web sebesar 80%, hal ini menunjukkan penilaian yang sangat baik untuk diujicobakan kepada siswa. Hasil persetujuan ahli media terhadap model e-learning mata kuliah bahasa arab berbasis web sebesar 95%, hal ini menunjukkan penilaian yang sangat baik untuk di ujicobakan kepada siswa. ************ E-learning is considered a new method of learning that focuses strongly on information centers and academic institutions as a new form that is commensurate and developed according to information technology. E-learning has become an important part in the field of academic universities. Based on the situation of our country that is currently exposed to the COVID-19 virus, the role of Internet-based learning as support for the learning process becomes very important. Especially in the current global era, transformation is proceeding very quickly. In the Islamic State Middle School Jakarta 25, implement online learning through an e-learning platform provided by the Ministry of Religious Affairs. This platform can assist students and educators with this online learning. But when we looked at the students' learning outcomes, we found that some students were getting learning outcomes lower. These phenomena cause multiple factors, including the lack of available educational tools. Based on the previous statement, this research aims to develop the web-based e-learning model for the Arabic language subject in the Islamic Governmental Middle School 25 Jakarta. This development and research uses the R&D method of R&D in the manner of Dick and Carrie model with ADDIE code. The result of the materials expert's approval of the e-learning model for the Arabic language course based on the web is 80%. This result indicates a very good evaluation of the test on the students. The result of the media expert's approval of the e-learning model for the Arabic language course based on the web is 95%. This result indicates a very good evaluation of the test on students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Jubaidah, M.A. ; 2). Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8923 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2021 09:02
Last Modified: 04 Nov 2022 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item