MODEL MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA (PENELITIAN PENGEMBANGAN)

NANDA CHAIRUNISSA, . (2021) MODEL MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA (PENELITIAN PENGEMBANGAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (254kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy

Abstract

Nanda Chairunissa, Model Media Video Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab bagi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 12 Jakarta )Penelitian Pengembangan). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran keterampilan berbicara sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Media ini terdiri dari 4 judul dari materi pada buku bahasa arab SMA Muhammadiyah 12 Jakarta, yaitu : Muhammad Utusan Allah, Turunnya Al-Qur’an, Hijrah Rasul dan Sahabat, Sahabat Peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Reisser & Mollenda dengan rumus ADDIE yang terdiri dari : analisis, desain produk, pengembangan produk, uji coba produk dan evaluasi produk. Pada tahap analisis kebutuhan, peneliti membagikan angket kepada 40 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 12 Jakarta dan 38 diantaranya (95%) mengatakan bahwa mereka membutuhkan media video pembelajaran untuk belajar keterampilan berbicara bahasa Arab. Pada tahap desain, peneliti mendesain tampilan dan suara. Pada tahap pengembangan yaitu proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian dari ahli materi dan ahli media pembelajaran. Pada tahap implementasi (uji coba) peneliti melakukan pengujian kelayakan media video pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Pada tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi produk berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada 40 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 12 Jakarta Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada ahli media, diperoleh rerata presentase skor 94,1% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan dari ahli media diperoleh rerata skor 82,6% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak dan evaluasi dari siswa diperoleh rerata skor 86% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media video pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab layak untuk digunakan siswa sebagai media pembelajaran dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Arab. The purpose of this study isto develop video media for learning speaking skills as a medium of learning to learn speaking skills for class XI students of Muhammadiyah 12 Jakarta Senior High School. This media consists of 4 titles of material in Arabic books at Muhammadiyah 12 Jakarta Senior High School, namely:Muhammad Utusan Allah, Turunnya Al-Qur’an, Hijrah Rasul dan Sahabat, Sahabat. Researcher used a development research method with a model Reisser and Mollenda with the ADDIE formula consisting of: product analysis, product design, product development, product testing and product evaluation.At the needs analysis stage, researchers distributed questionnaires to studentsof SMA Muhammadiyah 12 Jakarta and 38 of them (95%) said that they needed instructional video media to learn Arabic speaking skills.At the design stage, the researcher designed the appearance and sound.At the development stage, namely the product design assessment process which is carried out by providing an assessment of material experts and learning media experts. At the implementation stage (testing) the researcher tested the feasibility of learning video media for Arabic speaking skills. At the evaluation stage, the researcher evaluates the product based on the results ofa questionnaire given to 40 class XI students of Muhammadiyah 12 Jakarta Senior High School. Based on the results of the questionnaire that was distributed formaterial experts shows the average of score percentage is 94,1% “Very Decent”and from media experts shows the average of score percentage82,6% “Very Decent”and evaluations from studentsshows the average of score percentage86%. Thus, thevideo media for learning Arabic speaking skills is appropriate for students to use as a learning medium in learning Arabic speaking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd 2) Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8912 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2021 14:56
Last Modified: 22 Feb 2021 14:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item