MODEL MATERI AJAR MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKNIK BRAINWRITING

DINI FITRIANI, . (2021) MODEL MATERI AJAR MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS BERBASIS TEKNIK BRAINWRITING. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan materi ajar menulis esai bahasa Inggris berbasis teknik brainwriting sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan dosen di tempat penelitian. Hal ini penting dilakukan karena materi ajar yang digunakan pada tempat peneitian belum sesuai dengan kebutuhan. Penelitian dan pengembangan materi ajar menulis esai bahasa Inggris ini dilakukan pada progam pendidikan bahasa Inggris di STKIP Kusuma Negara. Pengambilan data melalui tahapan penelitian ini mengadaptasi model dari Sugiyono dan Borg & Gall yang terdiri tiga tahap yaitu 1) tahap studi pendahuluan, 2) pengembangan model, 3) Evaluasi dan implementasi model. Berdasarkan hasil studi pengembangan model yang dikembangkan, terdapat dua belas topik, yaitu topik yang mencakup semua pembahasan pada mata kuliah Introduction to Academic Writing yang lebih menekankan pada pemebelajaran menulis esai. Selain itu dilengkapi dengan instruksi pembelajaran berdasarkan karakteristik brainwriting serta ruang untuk mahasiswa dalam menungkan ide pada tulisan esai bahasa Inggris. Dari hasil evaluasi dan penilaian pakar beserta penilaian teman sejawat, didapati bahwa pengembangan model materi ajar menulis esai bahasa Inggris dinyatakan layak, yaitu dengan nilai 90% nilai kelayakan. Selain itu dari hasil implementasi dan uji tes pada kelayakan penggunaan model materi ajar ini, didapati hasil pos test pada kelas yang diberikan pembeajan dengan menggunakan model materi ajar bahasa Inggris berbasis teknik brainwriting menunjukan nilai sebesar 81,50. Hal ini menunjukan tercapainya ketuntasan belajar yang ditetapkan pada skor minimum yaitu dengan nilai 75 . Dengan demikian model materi ajar menulis esai bahasa Inggris berbasis teknik brainwriting yang dikembangkan pada penelitian ini layak untuk digunakan. *********** The research purpose is to develop a learning materials for writing English essays based on brainwriting technique according to students and lecturers’ need. This is important to do because learning materials used have to be improved according to the needs.. Research and development of learning materials for writing English essays. The retrieval of data through stages adapted from Sugiyono and Borg & Gall model, which consist of three stages, namely 1) preliminary study stage, 2) model development, 3) evaluation and implementation model.. Based on the results of the developed model development study, there are twelve topics, namely topics that cover all the discussions in the Introduction to Academic Writing course, which emphasizes learning essay writing. In addition, it is equipped with learning instructions based on brainwriting characteristics as well as space for students to ponder ideas on writing English essay. The result of expert judgement along with peer assessment, it can be seen that the development of a learning materials model for writing English essays is very feasible, with a value of 90% of the feasibility value. In addition, from the results of the implementation and test tests on the feasibility of using this learning materials model, it can be seen that the results of the posttest in the class that were taught using the English learning materials model based on the brainwriting technique obtained an average score of 81.50. This shows the achievement of learning completeness which is set at the minimum score with a value of 75. Thus, the learning materials model for writing English essays based on the brainwriting technique developed in this study is suitable to be used in learning to write essays.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 9127 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:21
Last Modified: 25 Feb 2021 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item