PENGARUH PENGGUNAAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI KOSMETIKA PERAWATAN WAJAH

RATUNATDIA MEUTIA MAHARANI, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI KOSMETIKA PERAWATAN WAJAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman didunia kecantikan, membuat banyak jenis kosmetika perawatan wajah beredar dipasaran. Konsumen membutuhkan banyak pertimbangan untuk membeli kosmetika perawatan kulit wajah. Salah satu pertimbangannya yaitu adanya label halal pada kemasan kosmetika. Penggunaan label halal merupakan dasar awal untuk menunjukkan kualitas dan keaman dari sebuah kosmetik yang layak untuk di edarkan di pasar Indonesia. Namun masih saja ada konsumen yang tidak objektif dalam memilih kualitas produk yang layak, aman dan halal untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan label halal terhadap minat beli kosmetika perawatan wajah (skincare). Subjek penelitian adalah para konsumen yang berusia 20-40 tahun yang membeli kosmetika perawatan wajah di daerah Jakarta Timur dan Bekasi yang berjumlah 45 orang. Alat ukur penggunaan label halal yang digunakan berupa skala yang dikembangkan berdasarkan indikator labelisasi halal menurut undang-undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan skala minat beli dikembangkan berdasarkan aspek-aspek minat beli menurut teori Ferdinand (2006). Metode analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan label halal terhadap minat beli. Pengaruh ini mengindikasikan bahwa dengan adanya penggunaan label halal, maka semakin tinggi minat belinya. Penggunaan label halal memberikan sumbangan efektif sebesar 38,4 % terhadap minat beli konsumen. The development in the world of beauty has made many types of facials cosmetics circulating in the market. Consumers need a lot of consideration to buy facial skincare with the existence of a halal label on cosmetic packaging. The use of the halal label is the initial basis for showing the quality and safety of a cosmetic that is suitable for distribution in the Indonesian market. However, there are still consumers who are not objective in choosing product quality that is appropriate, safe and lawful for use. The purpose of this study was to look the influence use of halal label on interest in buying cosmetics (skincare). The subject of the study is 45 buyers was 20-40 years oldat Jakarta Timur and Bekasi. In collecting data, the researcher used halal’s label scale based of the law of Republic Indonesia on the uarantee of halal products and buying interest scale based on indicator of Ferdinand (2006). The data were analyzed by using simple regression method and the result showed that job’s satisfaction have positive influence on use of halal label on interest in buying cosmetics (skincare).The influence indicated that used of Halal’s Label would produce higher interest buyer of cosmetics (skincare). Halal’s label effectively contributed 38,4 % towards interest buyer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nurul Hidayah, M.Pd ; 2). Dr. Neneng Siti Silfi A,M.Si.,Apt
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 9091 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2021 11:23
Last Modified: 23 Feb 2021 11:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13018

Actions (login required)

View Item View Item