PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN VIDEO “ANIMATRON” SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMBACA UNTUK SISWA KELAS VII MTS 28 JAKARTA TIMUR

CINDY ARIBAHASNA KHAIRUNISA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN VIDEO “ANIMATRON” SEBAGAI SUMBER BELAJAR MEMBACA UNTUK SISWA KELAS VII MTS 28 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan menggunakan “Animatron” sebagai Sumber Belajar Membaca untuk Siswa Kelas VIII MTSN 28 Jakarta Timur; mengetahui kelayakan media pembelajaran Animatron berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian dari 21 siswa di MTSN 28 Jakarta Timur terhadap media pembelajaran “Animatron”. Proses penelitian menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE yaitu model pengembangan oleh Dick dan Carry yang terdiri dari lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran Animatron : 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Tingkat kelayakan media pembelajaran Video Animatron berdasarkan penilaian: 1) Aspek Pembelajaran memperoleh rerata presentase skor 54,76% yang termasuk dalam kategori Layak dan rerata presentase skor 37,62% dalam kategori Sangat Layak, 2) Aspek Rekayasa Media memperoleh presentase skor 100% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. 3) Aspek Komunikasi Visual memperoleh rerata presentase skor 72,72% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media Animatron layak digunakan sebagai media pembelajaran khususnya dalam pembelajaran jarak jauh. This research aimed to produce a development of Animatron as a learning media to help the students in learning resources for reading of the eight grades students at MTS Negeri 28, East Jakarta; knowing the feasibility of learning media Animatron based on evaluation from material experts and media experts; and find out the assessment of 21 students at MTS Negeri 28, East Jakarta towards Animatron media. The process of the study used ADDIE its known as a model design learning from Dick and Carry and went through five steps in producing Animatron media: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The level of feasibility of Animatron media based on assessment: 1) Learning aspects show the average of score percentage is 37,62% (Very decent) and also show the average of score percentage is 54,76% (Decent), 2) Media manipulation aspects show the average of score percentage is 100% (Very decent). 3) Communication and visual aspects show the average of score percentage is 72.72% (Very decent). Therefore, the Animatron media is suitable to be used as a media education especially on distance learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Fatwa Arifah, M.A. Pd 2. Dr. Siti Jubaidah, MA
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 9190 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:36
Last Modified: 25 Feb 2021 03:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item