Model Media Pembelajaran “Quizlet” Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan untuk Kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta)

SALMA NISRINA BACHAR, . (2021) Model Media Pembelajaran “Quizlet” Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Penelitian Pengembangan untuk Kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salma Nisrina Bachar, Model Media Pembelajaran “Quizlet” Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Quizlet sebagai media pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman Jakarta, mengetahui kelayakan media pembelajaran Quizlet berdasarkan penelitian dari ahli materi dan ahli media, dan mengetahui penilaian siswa di SMP Islam PB Soedirman Jakarta terhadap media pembelajaran Quizlet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Research & Development) termasuk penelitian pengembangan dengan teknik pengumpulan data melalui dua jenis metode, yaitu survei dan observasi. Riset dimulai dari September 2020 hingga Desember 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran Quizlet untuk pembelajaran kosakata bahasa Arab di SMP Islam PB Soedirman Jakarta berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi kurikulum maupun silabus yang digunakan di sekolah, tujuan, materi, pelaksanaan, dan evaluasi penilaian. materi yang disajikan dan media. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang disusun oleh sekolah, baik dari segi silabus maupun buku pelajaran yang digunakan khusus dari sekolah tersebut. Adapun siswa kelas 8 di SMP Islam PB Soedirman dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada setiap tema atau kompetensi dasar dituntut untuk memahami dan menghafal kosakata dengan total 40-50 kata bahasa arab. Penelitian ini melalui empat tahap dalam mengembangkan media pembelajaran Quizlet: 1) Analisis (Analysis), Analisis kebutuhan terhadap siswa dalam belajar. Pada analisis ini sangat penting terhadap produk yang akan dikembangkan, Peneliti mengajukan pertanyaan dan melakukan implementasi dengan dirinya sendiri dan guru yang mengajar kosakata di SMP Islam PB Soedirman Jakarta untuk menemukan poin-poin yang bermakna dalam proses pembelajaran kosakata. Guru masih kurang dalam penggunaan alat peraga yang ada, Powerpoint dan buku sering digunakan dalam proses pembelajaran. Saat guru bertanya kepada mahasiswa tentang pelajaran sebelumnya. Kebanyakan dari mereka diam dan beberapa dari mereka tidak memperhatikan pelajaran. 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan. Menentukan gambar pada produk agar tampilan dapat terlihat menarik saat digunakan pada proses pembelajaran Bahasa Arab, Untuk menjawab kebutuhan dan permasalahan yang telah disebutkan sebelumnya, peneliti mengumpulkan dan merancang hal-hal yang diperlukan sebelum mengembangkan metode pendidikan dalam program Quizlet. Dan pada tahap ini peneliti mengumpulkan materi dari berbagai buku, yaitu buku teks dan kamus Al-Munawwir, untuk membahas beberapa kosakata (Ini terdiri dari topik berupa tuturan lisan dan tulisan berupa paparan kalimat, teks, atau percakapan sederhana tentang kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, rumah, anggota tubuh manusia, hobi, profesi, kegiatan keagamaan, dan lingkungan di kelas 8 berdasarkan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah) dalam menangani teks. 3) Pengembangan (Development), Pengembangan melalui tiga cara yaitu pembuatan gambar, karakteristik produksi, dan penataan konten Quizlet. Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, 4) Implementasi (Implementation), Pengujian kelayakan media pembelajaran Quizlet di SMP Islam PB Soedirman Jakarta dengan 19 siswa uji coba lapangan. Uji coba media pembelajaran Quizlet ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari produk yang dikembangkan. Di kelas delapan SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Peneliti menerbitkan kuesioner yang terdiri dari pembelajaran, pembuatan metode, dan komunikasi audio dan visual kepada mereka. Tingkat kelayakan media pembelajaran Quizlet berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rerata presentase skor 86% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rerata presentase skor 86% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. 3) Penilaian kelayakan media oleh siswa uji coba lapangan diperoleh rerata presentase skor 87% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media pembelajaran Quizlet layak digunakan pada proses pembelajaran Bahasa Arab. Salma Nisrina Bachar, Learning Media Model "Quizlet" in Arabic Vocabulary Learning at SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Skripsi. Arabic Language Education Study Program. Faculty of Language and Art. State University of Jakarta. 2021. This study aims to develop Quizlet media as Arabic learning media to increase learning motivation and Arabic vocabulary mastery in 8th grade students of PB Soedirman Islamic Junior High School Jakarta; know the feasibility of Quizlet learning media based on research from material experts and media experts; and knowing the assessment of students of SMP Islam PB Soedirman Jakarta on Quizlet learning media. This research uses quantitative, qualitative, and R&D (Research & Development) methods including development research with data collection techniques through two types of data collection methods, namely surveys and observations. Research starts from September 2020 to December 2020. The results of this study indicate that the development of Quizlet learning media for learning Arabic vocabulary in SMP Islam PB Soedirman Jakarta is running well and positively, both in terms of the curriculum and syllabus used in school, objectives, materials, implementation, and assessment evaluation. presented material and media. The curriculum used is the curriculum prepared by the school, both in terms of the syllabus and textbooks that are used specifically from the school. The students of 8th grade SMP Islam PB Soedirman Junior High School Jakarta in learning Arabic vocabulary on each theme or basic competency are required to understand and memorize vocabulary with a total of 40-50 Arabic words. This research of the study went through four stages in developing Quizlet learning media, namely: 1) Analysis, analysis of student needs in learning. In this analysis it is very important for the product to be developed, The researcher poses questions and experimented with himself and the lecturer who taught vocabulary at the Islamic Middle School in Soedirman Jakarta to find points that mean in the vocabulary learning process. Lecturers lack the use of existing teaching aids, and slides and books are often used in the learning process. When the lecturer asked students about the previous lesson. Most of them are silent and some of them do not pay close attention to the lesson. 2) Design, making a design for the product to be developed. Determining the image on the product so that the display can look attractive when used in the Arabic language learning process, In answer to the previously mentioned needs and problems, the researcher collected and designed the things needed before developing the educational method in the Quizzleet program. And at this stage, the researcher gathered together the material from the various books, namely the textbooks and the enlightened dictionary, to discuss some vocabulary (This consists of topics in the form of oral and written speech in the form of exposure to sentences, texts, or simple conversations about school life, family life, the home, human limbs, hobbies, professions, religious activities, and the environment in grade 8 based on the curriculum implemented by the school) in dealing with texts. 3) Development, in three ways, namely, making artifacts, production characteristics, and arranging the quizlet content. The product design assessment process is carried out by providing an assessment. Product assessment was carried out by material experts and media experts, 4) Implementation, feasibility test of Quizlet learning media at SMP Islam PB Soedirman Jakarta with 19 student field trials. This Quizlet learning media trial was conducted to determine the effectiveness of the product being developed. In the 8th grade SMP Islam PB Soedirman Junior High School Jakarta. The researcher published a questionnaire, which consists of education, method creation, and audio and visual communication to them. The feasibility level of Quizlet learning media is based on the following assessments: 1) The material expert obtained an average percentage score of 86% which was included in the Very Suitable category, 2) The Media Expert obtained an average percentage score of 86% which was included in the Very Fit category. 3) Assessment of the feasibility of the media by field trial students obtained an average score of 87% which is included in the Very Appropriate category. Thus, Quizlet learning media is suitable for use in the Arabic learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. 2) Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8946 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:25
Last Modified: 24 Feb 2021 01:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item