PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN PENGALAMAN ORGANISASI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA

BAYU TRESNA AJI, . (2021) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN PENGALAMAN ORGANISASI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial orang tua dan pengalaman organisasi terhadap kecerdasan emosional mahasiswa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menjadi anggota organisasi mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel dengan mengggunakan teknik propotionate random sampling dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan jumlah proposional sampel sebanyak 272 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan selama bulan Oktober-Desember 2020. Hasil uji koefisien determinasi variabel Dukungan Sosial Orang Tua dan Pengalaman Organisasi mempengaruhi variabel Kecerdasan Emosional Mahasiswa dengan presentasi sebesar 0,168 atau 16,8% dan sisanya sebesar 83,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara dukungan sosial orang tua dan pengalaman organisasi terhadap kecerdasan emosional. Dengan demikian dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua dan pengalaman dalam mengikuti kegiatan organisasi mempengaruhi kecerdasan emosional mahasiswa untuk dapat melakukan sosialisasi dengan baik, mahasiswa usia remaja harus menjalankan tugas-tugas perkembangan pada usianya dengan baik sebagai bekal menghadapi masa depan. This research aims to determine the effect of parental social support and organizational experience on college students' emotional intelligence by using quantitative research methods with an associative approach. The population in this researchconsisted of college students who were members of the student organization at Universitas Negeri Jakarta. The sampling technique using proportional random sampling technique using the Slovin formula obtained a proportional number of samples of 272 students. This research was conducted during October-December 2020. The results of the coefficient of determination of the Parental Social Support and Organizational Experience variables affect the college student's emotional intelligence variable with a presentation of 0.168 or 16.8% andthe remaining 83.2% is influenced by other variables.The results showed that there was a positive and significant effect simultaneously between parental social support and organizational experience on emotional intelligence.Thus the social support provided by parents and experience in participating in organizational activities affects the emotional intelligence of collage students to be able to socialize well, collage students must carry out developmental tasks at their age well as a provision for the future

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si ; 2). Prastiti Laras Nugraheni, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 9035 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 10:12
Last Modified: 24 Feb 2021 10:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item