KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS MGMP PAI SMA JAKARTA TIMUR)

AVAN SURANGGENI, . (2021) KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN SECARA ONLINE (STUDI KASUS MGMP PAI SMA JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam menentukan media pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, serta cara dalam mengevaluasi pembelajaran studi kasus MGMP PAI Jakarta Timur. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kompetensi guru yang dikemukakan oleh Jamil Suprihatiningrum, teori Pendidikan Agama Islam yang dikemukakan oleh Heri Gunawan, serta teori pembelajaran online yang dikemukakan oleh Deni Hardianto. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelima guru PAI tingkat SMA pada kesatuan MGMP Jakarta Timur yang menjadi sumber pada penelitian ini dinyatakan telah memiliki kesiapan dalam pengembangan pembelajaran PAI yang dilaksanakan secara online. Pertama, pada aspek media, guru dinyatakan telah memiliki kesiapan, dikarenakan kemampuan guru dalam memilih dan menyesuaikan media pembelajaran PAI online sesuai dan tepat serta kreatif dan inovatif. Kedua, pada aspek materi guru pun dinyatakan telah siap. Karena, guru memiliki kemampuan dalam penyampaian materi PAI yang dilaksanakan secara online, yaitu dengan merealisasikan penyampaian materi dengan penggunaan media pembelajaran online yang relevan serta menarik perhatian siswa. Ketiga, pada aspek evaluasi, pada aspek ini guru dinyatakan telah memiliki kesiapan dalam pembelajaran PAI secara online. Karena, kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian kognitif, afektif dan psikomotor, serta penilaian akhlak dan perilaku peserta didik secara online. This thesis aims to describe and analyze the readiness of Islamic Religious Education teachers in determining learning media, delivering learning materials, and ways of evaluating the case study learning of MGMP PAI East Jakarta. In this study, the type of research used is qualitative research using qualitative descriptive analysis methods. The data collection procedures used were interviews and documentation. The theory used in this research is the theory of teacher competence proposed by Jamil Suprihatiningrum, the theory of Islamic Religious Education proposed by Heri Gunawan, and the theory of online learning proposed by Rusman. This study concluded that the five high school level Islamic education teachers in the East Jakarta MGMP unit who were the sources of this study were stated to have readiness in the development of Islamic Education learning which was carried out online. First, in the media aspect, the teacher is stated to have readiness, due to the teacher's ability to select and adjust online PAI learning media accordingly and precisely as well as being creative and innovative. Second, in the material aspect the teacher was declared ready. Because, teachers have the ability to deliver PAI material that is carried out online, namely by realizing the delivery of material by using online learning media that is relevant and attracts students' attention. Third, in the evaluation aspect, in this aspect the teacher is stated to have readiness in online Islamic Education learning. Because, the ability of teachers to carry out cognitive, affective and psychomotor assessments, as well as online assessments of students' morals and behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Andy Hadiyanto, S.Pd., MA ; 2). Dr. Abdul Fadhil, S.Ag., M.Ag
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 9124 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 09:41
Last Modified: 26 Feb 2021 09:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item