PENGEMBANGAN MEDIA GAME PETUALANGAN BERBASIS RPG-MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X SMAN 79 JAKARTA

WINDA TRIANA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA GAME PETUALANGAN BERBASIS RPG-MAKER VX ACE DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X SMAN 79 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (499kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game petualangan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas X di SMAN 79 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengembangkan media pembelajaran game petualangan pada materi pengendalian diri, prasangka baik, dan persaudaraan untuk siswa kelas X. Game ini dibuat dengan menggunakan Game engine RPG Maker VX Ace. Penelitan ini menggunakan desain penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara dan angket. Tahap analisis adalah mencari akar permasalahan yang dihadapi guru serta kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran. Dengan demikian setidaknya dapat memberi gambaran tentang apa yang diharapkan dan kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran. Tahap desain adalah tahapan perencanaan yang matang untuk sebuah media. Tahap pengembangan ini sudah merambat dalam ranah media game animasi yang berbasis komputer. Sementara tahap penerapan adalah uji kelayakan media pembelajaran yang memerlukan validasi pakar untuk memberi penilaian serta saran untuk media pembelajaran. Adapun yang terakhir adalah tahap evaluasi yang didalamnya ada perbaikan materi dan media sesuai pakar dan memberi ulasan tentang kelebihan dan kekurangan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media game petualangan yang dikembangkan dinilai melalui validasi pakar media dengan prolehan sebesar 4,5 d dengan kategori “Sangat Baik” dan validasi pakar materi dengan perolehan sebesar 4,6 dengan kategori “Sangat Baik”. Kemudian dilakukan uji penerapan media oleh guru PAI dengan perolehan persentase sebesar 91% dengan kategori “Sangat Baik” dan uji penerapan media oleh siswa dengan perolehan persentase sebesar 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa media game petualangan berbasis RPG-Maker Vx Ace dalam pembelajaran PAI Kelas X SMAN 79 Jakarta dalam kategori layak dan tepat digunakan. This research aims to develop the medium of adventure game learning in Islamic Education learning in grade X at SMAN 79 Jakarta. This type of research and development develops adventure game learning media on self-control, prejudice, and fraternity materials for X-grade students. This research uses ADDIE research design consisting of five stages namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques consist of interviews and questionnaires. The analysis stage is to look for the root problems facing teachers as well as students' needs for learning media. Thus it can at least give an idea of what to expect and the reality that happens in learning. The design stage is a mature planning stage for a medium. This stage of development is already creeping into the realm of computer-based animated game media. While the implementation stage is a learning media due diligence that requires expert validation to provide assessment and advice for learning media. The culmination is the evaluation stage in which it gives a review of the advantages and disadvantages of the product. The results of this study show that the developed adventure game media is assessed through validation of media experts with the category "Excellent" and validation of material experts with the category "Excellent". Then carried out media application test by PAI teacher with category "Excellent" and media application test by students with category "Excellent". Then it can be concluded that the medium of learning game adventure material on the material of self-control, good prejudice, and fraternity is in the category of worthy and appropriate use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mushlihin, MA ; 2). Dr.Andy Hadiyanto,MA
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 8836 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:46
Last Modified: 01 Mar 2021 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item View Item