PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS PLATFORM ZOOM KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR

ADITYA RENDI PAMUNGKAS, . (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS PLATFORM ZOOM KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhpenggunaan metode pembelajaran brainstorminguntuk peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan platform zoom pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Bogor. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis penelitian Virtual Quasi Eksperimental dengan design non quivalent control groupdesign(eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri 7 Kota Bogor yang berjumlah 299 siswa. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa IPA 5 dan 31 Siswa IPA 6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal sebanyak 50 butir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar menggunakan metode brainstorming dengan hasil belajar kognitif siswa. Metode brainstorming ini memberikan pengaruh yang signifikandalam hal peningkatan hasil belajar siswa.Hal ini berarti bahwasemakin maksimal penggunaan metode pembelajaran brainstorming akan semakin peningkatan hasil belajar This study aims to determine whether there is any effect of the use brainstorming learning methods to improve learning outcomes through distance learning platform using the zoom on the subjects ofhistory at SMA Negeri 7 Bogor. Type the research method used is quantitative research with the experimental method. This type of research is virtual quasi experimental with non-quivalent control group design (quasi-experimental). The population in this study were students at SMAN 7 Bogor City, amounting to 299 studentswith the sample in this study was selected using random sampling technique. The research sample taken was 62 studentswith 31 science students 5 and 31 science students 6. The instrument used in this study was a question of 50 items. The results of this study indicate that there is a significant correlation between learning outcomes using the brainstorming method and student cognitive learning outcomes. This brainstorming method has a significant effect in improving student learning outcomes. This means that the maximum use of the brainstorming learning method will further improve learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M.Fakhruddin.M.Si ; 2). Dr. Corry Iriani R. M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 9523 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 01:59
Last Modified: 04 Mar 2021 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item View Item