PENGARUH TESTIMONIAL BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA PRODUK MERK X (Survei Pada Pengunjung Dalam Video Youtube Kosmetik Merk X Review by Miss “Y”).

RIZKA AGUSTIARA, . (2021) PENGARUH TESTIMONIAL BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA PRODUK MERK X (Survei Pada Pengunjung Dalam Video Youtube Kosmetik Merk X Review by Miss “Y”). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Beauty Vlogger adalah seseorang atau para pembuat konten yang mengkhususkan dirinya untuk berbagi informasi terkait dunia kecantikan kepada khalayak ramai, yang dalam hal ini adalah penonton dari suatu channel Youtube. Kemunculan beauty vlogger saat ini dirasa memudahkan pengguna sebagai calon konsumen untuk mengenal brand maupun produk yang ingin mereka gunakan, untuk memberikan informasi terkait detail produk, kelebihan serta kekurangan produk, serta kesan setelah menggunakan produk tersebut. Hal inilah yang akhirnya menjadikan kemunculan beauty vlogger semakin diminati oleh masyarakat terutama pengguna Youtube untuk mengulas suatu produk suatu brand kosmetik pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh testimonial beauty vlogger terhadap minat konsumen (2) mengetahui dan menjelaskan minat konsumen pada produk kosmetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini meliputi Beauty Vlogger yaitu Miss Y, dan minat konsumen yang merupakan viewers dari video youtube beauty vlogger mengenai review produk kosmetik. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah viewers dari video youtube beauty vlogger dengan kriteria berjenis kelamin wanita, dan memiliki rentang usia 18-29 tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 300 orang responden yang diambil dengan menggunakan tabel penentuan sampel krejcie dan morgan, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner secara tidak langsung (online) dengan format google form. Adapun hasil dari penelitian ini, diperoleh nilai L hitung terbesar = 0,047 dengan taraf signifikan (α) 0,05 adalah 0,051. Lhitung < Ltabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis hubungan antara variabel X dengan variabel Y di tunjukkan oleh koefisien korelasi atau sebesar 0,560 dan sebesar 11,562 dengan dk (n-2) sebesar 298. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah di lakukan pada taraf signifikasi (α) = 0.05 dan jumlah sampelnya (n) = 300 ternyata > berarti ditolak, maka hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Dimana variasi minat konsumen pada Produk Kosmetik Merk X ditentukan atau dipengaruhi oleh Testimonial Beauty Vlogger Miss “Y” sebesar 31,31%. Kata Kunci: Testimonial Beauty Vlogger, Minat Konsumen, Produk Kosmetik. ************ Beauty Vlogger is a person or content creator who specializes in sharing information related to the world of beauty to the general public, which in this case is the audience of a Youtube channel. The appearance of the beauty vlogger now makes it easier for users as potential consumers to get to know the brands and products they want to use, to provide information regarding product details, the advantages and disadvantages of the product, and the impression after using the product. This is what ultimately makes the appearance of beauty vloggers increasingly in demand by the public, especially Youtube users, to review a product of a cosmetic brand in the community. This study aims to (1) identify and explain the effect of beauty vlogger testimonials on consumer interest (2) to identify and explain consumer interest in cosmetic products. This type of research is descriptive quantitative. The research variables include Beauty Vlogger, namely Miss Y, and consumer interest who are viewers of the beauty vlogger youtube video regarding cosmetic product reviews. The population used in this study were viewers of the YouTube beauty vlogger video with the criteria of being female, and having an age range of 18-29 years. The sample used in this study were 300 respondents who were taken using the krejcie and Morgan sample determination table, the data collection method used an indirect (online) questionnaire with google form format. As for the results of this study, the greatest value of L was obtained = 0.047 with a significant level (α) of 0.05 was 0.051. Lcount<Ltable. Thus it can be concluded that the data are normally distributed. The results of testing the hypothesis of the relationship between variable X and variable Y are shown by the correlation coefficient or equal to 0.560 and 11.562 with dk (n-2) of 298. Based on hypothesis testing that has been done at the significance level (α) = 0.05 and the number of samples ( n) = 300 turns out to be> rejected, so the results of the study show that there is a significant relationship between variables X and Y. Where variations in consumer interest in Cosmetics Brand X are determined or influenced by the Testimonial Beauty Vlogger Miss "Y" of 31.31%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Mari Okatini, M.KM ; 2). Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 9089 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:09
Last Modified: 02 Mar 2021 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item View Item