HUBUNGAN ANTARA SARANA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 18 DI JAKARTA

RIMARYONA, . (2012) HUBUNGAN ANTARA SARANA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 18 DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIMARYONA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid dan dapat dipercaya (reliable) tentang apakah terdapat hubungan antara sarana belajar di rumah dengan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 18 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 18 Jakarta selama empat bulan terhitung sejak Maret 2012 sampai dengan Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 18 Jakarta. Populasi terjangkau adalah siswa kelas XI Jurusan Pemasaran yaitu sebanyak 61 siswa. Kemudian berdasarkan sampel dari tabel populasi Isacc & Michael diambil sampel sebanyak 51 siswa dengan sampling error 5%. Untuk menjaring data dari salah satu variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk sarana belajar di rumah (variabel X). Sebelum instrumen ini digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas untuk variable X. Untuk variabel X (sarana belajar di rumah) dari 38 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 6 butir pernyataan yang drop sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 32 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas variable X tersebut menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil perhitungan reliabilitas variabel X sebesar 0,911. Hasil ini membuktikan bahwa instrumen tersebut reliabel. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,1122, sedangkan Ltabel untuk n=51 pada taraf signifikansi 0.05 adalah 0,1241. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ=58,65+0,17X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 21,55 > 4,04 artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 0,51 < 1,93, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,553, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 4,64, dan ttabel = 1,65 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,553 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 30,58% yang menunjukkan bahwa 30,58% variasi prestasi belajar ditentukan oleh sarana belajar di rumah. Hasil perhitungan menyimpulkan terdapat hubungan yang positif antara sarana belajar di rumah dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 18 Jakarta. Kata kunci: Sarana Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Dientje Griandini 2.) Dra. Corry Yohana, MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 11 Nov 2019 10:45
Last Modified: 11 Nov 2019 10:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item