HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN JUMLAH ISMIYAH DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN TERPIMPIN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS ALWATHONIYAH 5 JAKARTA

SYIFA FAUZIAH, . (2021) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN JUMLAH ISMIYAH DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN TERPIMPIN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS ALWATHONIYAH 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

SYIFA FAUZIAH, Hubungan Antara Pemahaman Jumlah Ismiyah Dengan Keterampilan Menulis Karangan Terpimpin Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Viii Mts Alwathoniyah 5 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa Arab dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2021. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Wathoniyah 5 Jakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman jumlah ismiyah dengan keterampilan menulis karangan siswa MTs Al-Wathoniyah 5 Jakarta, waktu penelitian dimulai dari bulan Januari sampai Februari 2020. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs AL-Wathoniyah 5 Jakarta, adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa di kelas VIII dengan jumlah 30 siswa, metode yang digunakan adalah metode korelasi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa soal yang berjumlah 30 dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi sekolah, bentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 kemudian bentul soal memahami kalimat berjumlah 5 dan soal keretampilan menulis berjumlah 5. Penulis telah menyelesaikan analisis dari berbagai alat pengujian, uji normalitas variable x = 0,121 dan variable y = 0,105 dan uji homogenitas = x² hitung (14,96) dan table homogenitas pada taraf signifikan 0,05 (30,14) Titik awal x² hitung = (14,96) < x² table = (30,14). Maka Hipotesis ditolak nol (Ho) dan Hipotesis penelitian (H1) diterima. Uji koefisiensi kolerasi Ý = -6,504 + 1,056x peneliti menemukan koefisiensi kolerasi (rxy) berjumlah 0,657 nilai uji t hitung 13,69 lebih bear dari t table dari taraf signifikan (0,05) yaitu 2,75 dengan derajat kebebasan (dk) = 30, dan dari table t pada taraf signifikan (0,01) yaitu (2,45) dengan derajat kebebasan (dk) = 30. Berdasarkan hasil tes seperti yang dijelaskan dalam table maka hubungan pemahaman jumlah ismiyah dengan keterampilan menulis karangan sangatlah signifikan. oleh karna itu hipotesis penelitian ini mencerminkan adanya hubungan positif antara jumlah ismiyah dengan keterampilan menulis karangan terpimpin. Penelitian ini menggambarkan semakin meningkatnya pemahaman siswa terhadap jumlah ismiyah maka meningkat juga keterampilan menulis karangannya. SYIFA FAUZIAH, The Relationship Between Understanding the Number of Ismiyah and Guided Writing Skills in Arabic in Class Viii Mts Alwathoniyah 5 Jakarta Students. Essay. Jakarta: Department of Arabic and Arabic Literature, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta, January 2021. This research was conducted at MTs Al-Wathoniyah 5 Jakarta Even Semester of the 2020/2021 Academic Year with the aim of knowing the relationship between understanding the number of ismiyah and writing skills of students at MTs Al-Wathoniyah 5 Jakarta, when the research started from January to February 2020. The population of this study were students of MTs AL-Wathoniyah 5 Jakarta, while the sample of this study were students in class VIII with a total of 30 students, the method used was the correlation method. The instrument used to obtain data was in the form of questions totaling 30 with questions related to school material, the form of multiple choice questions totaling 20, then the form of questions to understand sentences totaling 5 and questions for writing skills totaling 5. The author has completed the analysis of various testing tools, the normality test for variable x = 0.121 and variable y = 0.105 and the homogeneity test = x² count (14.96) and the homogeneity table at the significant level 0.05 (30.14) The starting point x² count = (14.96) <x² table = (30.14). Then the null hypothesis is rejected (Ho) and the research hypothesis (H1) is accepted. The correlation coefficient test Ý = -6.504 + 1.056x the researcher found that the correlation coefficient (rxy) was 0.657, the t-test value was 13.69, which was more bear than the t table from the significant level (0.05), namely 2.75 with degrees of freedom (dk) = 30, and from the t table at the significant level (0.01), namely (2.45) with degrees of freedom (dk) = 30. Based on the test results as described in the table, the relationship between understanding the number of ismiyah and writing skills is very significant. Therefore, the hypothesis of this study reflects a positive relationship between the number of ismiyah and guided essay writing skills. This study illustrates that the increasing understanding of students towards the number of ismiyah will also increase their writing skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. ; 2) Dr. Romdani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 9025 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:11
Last Modified: 26 Feb 2021 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13466

Actions (login required)

View Item View Item