Nabilla Puspa Amelia, . (2021) INVESTIGATING CHARACTER-BUILDING VALUES IN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS FOR GRADE X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (800kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (483kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (329kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi (1) Apa saja nilai-nilai pembentukan karakter yang tersaji di dalam buku teks bahasa Inggris berjudul Bahasa Inggris untuk kelas X, dan (2) bagaimana mereka dikembangkan menjadi materi dalam buku teks bahasa Inggris berjudul Bahasa Inggris untuk kelas X. Peneliti merujuk pada 18 nilai pembentukan karakter yang diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (2010). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis konten. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang terdapat di dalam buku teks ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Buku teks bahasa Inggris berjudul Bahasa Inggris untuk kelas X mengandung semua nilai pembentukan karakter. Nilai pembangunan karakter yang paling banyak muncul adalah nilai bersahabat/komunikatif sebesar 16%. Sementara itu, nilai pembangunan karakter yang terendah adalah nilai toleransi yaitu 1% (2) Teknik untuk mengintegrasikan nilai pembentukan karakter yang ditemukan dalam buku teks ini terdiri dari dua teknik yaitu eksplisit dan implisit. Kata Kunci: Pembangunan Karakter, Buku Teks Bahasa Inggris ABSTRACT The aims of this research were to investigate (1) what character-building values are presented in the English textbook entitled Bahasa Inggris for grade X, and (2) how they are developed into materials in the English textbook entitled Bahasa Inggris for grade X. The researcher referred to 18 character-building values mandated by the Ministry of National Education (2010). This research used qualitative research method using content analysis. The data used in this research are the sentences contained in this textbook. The results showed that (1) The English textbook entitled Bahasa Inggris for grade X contains all the character-building values. The character-building values that appears the most is the friendly/communicative value with 16%. Meanwhile, the lowest character-building value is tolerance value with 1% (2) Techniques of integrating characters that are found in the textbook consist of two techniques, namely explicit and implicit techniques. Keywords: Character-Building, English Textbook
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sudarya Permana, M.Hum. , 2). Ellis Tamela, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 9460 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 01:36 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 01:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13492 |
Actions (login required)
View Item |