KONSEP DIRI SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMK NEGERI 57 JAKARTA

DESI RIZKIYANTI, . (2021) KONSEP DIRI SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMK NEGERI 57 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa dalam mata pelajaran bahasa Prancis di SMK Negeri 57 Jakarta. SMK Negeri 57 Jakarta merupakan sekolah menengah kejuruan pariwisata yang memiliki berbagai jurusan seperti Usaha Perjalanan Wisata, Perhotelan, Tata Boga, Seni Tari dan Seni Karawitan. Lingkup penelitian ini berfokus pada konsep diri siswa kelas X Seni Tari SMK Negeri 57 Jakarta dalam pembelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penelitian ini menggunakan Self-Description Questionnaire I milik Marsh (1988) yang telah dimodifikasi dan dielaborasikan menjadi Questionnaire de soi oleh Christophe Dierendonck (2008). Angket tersebut berisi 14 pernyataan yang digunakan untuk mengukur konsep diri siswa dalam mata pelajaran bahasa Prancis. Selain itu, peneliti melakukan wawancara dengan guru dan siswa untuk melengkapi data dan informasi mengenai konsep diri siswa. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 36 orang siswa kelas X Seni Tari yang berjenis kelamin perempuan dengan kisaran usia 15-18 tahun. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas X Seni Tari SMK Negeri 57 Jakarta berada memiliki konsep diri yang baik. Secara lebih rinci, sebesar 5,6% atau sebanyak 2 siswa masuk dalam kategori konsep diri sangat baik, sebesar 50% atau sebanyak 18 siswa dalam kategori baik, sebesar 38,9% atau sebanyak 14 siswa dalam kategori cukup, sebesar 5,6% atau sebanyak 2 siswa dalam kategori kurang baik dan 0 responden dalam kategori tidak baik. This study aims to determine students' self-concept in French subjects at SMK Negeri 57 Jakarta. SMK Negeri 57 Jakarta is a vocational school and there are also several departement, such as tour&travel departement, hotel departement, cullinary art departement, traditional dance department and traditional music department .The scope of this research focuses on the student’s self-concept of 10th grade Seni Tari (Traditional Dance) of SMK Negeri 57 Jakarta in learning French. This research applies descriptive methods with qualitative and quantitative approaches. In order to collect the data, this study used Self-Description Questionnaire I of Marsh' (1988) which was modified and elaborated into a Questionnaire de Soi by Christophe Dierendonck (2008). The questionnaire contains 14 statements that are used to measure students' self-concept in French Subject. Furthermore, researcher conducted indirect interviews with teachers and students due to complete data and information about students' self-concepts. Respondents who were involved in this study were 36 students of class 10th grade Seni Tari (Traditional Dance), who are all female, aged 15-18 years. The data analysis technique used is descriptive analysis techniques quantitative and qualitative. The analysis result shows that the students of class 10th grade Seni Tari (Traditional Dance) at SMK Negeri 57 Jakarta have a good self-concept. In more detail, as many as 5.6% or 2 students were in the Very Good self-concept category, 50% or as many as 18 students were in the Good category, as many as 38.9% or 14 students in the Good Enough category, 5.6% or as many as 2 students in the Not Good category and 0 respondents in Very Bad category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asti Purbarini, M.Pd. ; 2). Dr. Subur Ismail, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 9280 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:06
Last Modified: 02 Mar 2021 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13547

Actions (login required)

View Item View Item