PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUKATANI 2 DEPOK

Meiadha Conita, . (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUKATANI 2 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (20kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAAN SKRIPSI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (201kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (933kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA kelas IV SD melalui metode eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Sukatani 2 Depok sebanyak 44 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil evaluasi setelah dilakukan tindakan pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 77,2%, sedangkan target adalah 90%. siklus II mencapai 93,1%, di mana siswa sudah memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi. Adapun hasil data pemantau tindakan guru pada siklus I mencapai 85% di mana guru masih kurang mengoptimalkan alat dan media dalam eksperimen sehingga hasilnya kurang maksimal dan pemantau tindakan siswa mencapai 86,6%. Pada siklus II pemantau tindakan guru mencapai 100%, di mana guru sudah mampu memanfaatkan alat dan media yang dipakai dalam eksperimen secara maksimal dan pemantau tindakan siswa mencapai 93,3%. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah 90% dari jumlah siswa dikelas IV mencapai indikator motivasi belajar yang sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD. Oleh sebab itu guru perlu mengetahui menggunakan metode eksperimen karena dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M. Si ; 2). Dra. Andi Ali Saladin, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 11:40
Last Modified: 11 Nov 2019 11:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item