UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SALINGTEMAS (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) KELAS IV SDN 09 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

MEY KARTIKA PUTRI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SALINGTEMAS (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) KELAS IV SDN 09 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
COVER SIKRIPSI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)
[img] Text
JURNAL Mey Kartika Putri.pdf

Download (543kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model salingtemas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur dimulai pada tahun ajaran 2015/2016 menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data pada siklus I pertemuan II motivasi belajar siswa sebesar 71,43%. Siklus II pertemuan II menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 92,86%. Adapun data pemantau tindakan pembelajaran guru dengan model siklus belajar pada siklus I pertemuan II persentase sebesar 80% sedangkan pada pemantau tindakan siswa 75% dan pada siklus II pertemuan II melebihi target yang ingin dicapai yaitu pada pemantau tindakan guru 100% sedangkan pada pemantau tindakan siswa 90%. Dengan demikian, tercapai sudah target yang diharapkan. Model salingtemas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis diterima dan implikasinya adalah motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan model salingtemas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si., ; 2). Dra. Marwati Mansur, M.Pd.,
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2019 12:21
Last Modified: 11 Nov 2019 12:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item