PEMBERIAN REWARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMA ANGKASA 1 HALIM PERDANA KUSUMA

ANDREANI, P. (2021) PEMBERIAN REWARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI SMA ANGKASA 1 HALIM PERDANA KUSUMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (628kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PHOBE ANDREANI. 2021. Pemberian Reward Pada Mata Pelajaran Bahasa Prancis Pada Siswa Kelas XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Mata pelajaran bahasa Prancis merupakan mata pelajaran pilihan di SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Untuk sebagaian besar siswa, bahasa Prancis merupakan mata pelajaran yang memiliki kesulitan tersendiri dengan alasan keberadaan bahasa Prancis yang masih terasa asing bagi mereka. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus bekerja keras untuk menumbuhkan motivasi dan minat siswa agar siswa merasa senang dan menyukai bahasa Prancis. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menarik perhatian siswa adalah dengan memberikan reward. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah guru sering memberikan penghargaan (reward) dalam pembelajaran bahasa Prancis di kelas XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Tempat penelitian di SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada bulan November-Desember 2020. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui pemberian angket kepada siswa melalui Google Form yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan aplikasi SPSS versi 17.0 dan dilengkapi dengan wawancara yang dilakukan kepada guru pengajar pada mata pelajaran bahasa Prancis di SMA tersebut dengan tujuan untuk mengetahui pemberian reward yang dilakukan di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut siswa, pemberian reward sering dilakukan oleh guru pada mata pelajaran bahasa Prancis pada siswa kelas XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Reward yang diberikan oleh guru kepada siswa kelas XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma terbagi ke dalam dua jenis, yaitu reward verbal yang diberikan melalui kata-kata pujian dan reward non-verbal dengan memberikan nilai tambahan kepada siswa. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru pengajar mata pelajaran bahasa Prancis di SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma yang menyatakan bahwa pemberian reward sering dilakukan di dalam kelas selama proses belajar mengajar berlangsung. Kata Kunci: Behavioristik, Mata Pelajaran Bahasa Prancis, Reward. PHOBE ANDREANI. 2021. Granting a Reward On the Subjects of the French Language On the Students of Class XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Thesis. French Language Education Program of Study, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Jakarta. French is the elective subjects in SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. For most students, the language of France is a subject that has its own difficulties by reason of the existence of the French that still feels foreign to them. Therefore, teachers as educators must work hard to cultivate the motivation and interest of students so that students feel happy and like the French. One way that can be done by teachers to attract the attention of the student is to give a reward. This study has the objective to find out whether the teachers often give a reward in the learning of French in class XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. The approach of this research is descriptive quantitative with survey method. The place of this research in SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma, Jakarta in November-December 2020. The population in this study were students of SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. In this study, the data obtained through the administration of questionnaires to the students through a Google Form that has previously been tested for validity and reliability with SPSS version 17.0 and equipped with an interview that is done to teachers in the French class in that SMA with the aim to know the reward that is done in class. The results of this study show that according to students, the provision of reward is often done by the teacher on the subjects of French for students of class XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma. Reward given by teacher to the students of class XI SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma is divided into two types, namely reward verbal given through words of praise and reward non-verbal is given through the provision of additional value to the students This is in accordance with the results of the interviews have been conducted with teachers of French language in SMA Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma, which states that the reward is often done in the classroom during the learning process takes place. Keywords: Behavioristic, Reward, Subjects French.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dian Savitri, M.Pd. ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 9051 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:56
Last Modified: 05 Aug 2022 07:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item View Item