SURVEI KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MENGAJAR PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI JAKARTA SELATAN

KRESNA PUTRI FEBRIARTI, . (2021) SURVEI KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MENGAJAR PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kesiapan guru dalam mengajar peserta didik berkebutuhan khusus di Jakarta Selatan dari aspek fisik, aspek psikis, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sumber data pada penelitian ini adalah 76 guru dari 11 sekolah dasar negeri di Jakarta Selatan dan sumber data diperoleh berdasarkan hasil pengisian kuesioner oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan mayoritas seluruh guru di sekolah yang dijadikan sampel memiliki kesiapan dalam mengajar yang baik. Apabila ditinjau dari masing-masing aspek diketahui bahwa : (1) Ditinjau pada aspek fisik guru memiliki kesiapan yang sangat baik yakni menunjukkan hasil 97,4%. (2) Ditinjau pada aspek psikis guru memiliki kesiapan yang sangat baik yakni menunjukkan hasil 97,4%. (3) Ditinjau pada aspek pengetahuan guru memiliki kesiapan yang baik yakni menunjukkan hasil 83.9467%. (4) Ditinjau pada aspek keterampilan guru memiliki kesiapan yang baik yakni menunjukkan hasil 82.156%. This study aims to provide an overview of teacher readiness in teaching students with special needs in South Jakarta from the physical aspects, psychic aspects, knowledge aspects, and skills aspects. The approach used in this research is quantitative with this type of survey research. The data sources in this study were 76 teachers from 11 public elementary schools in South Jakarta and the data sources were obtained based on the results of filling out questionnaires by respondents. Data analysis techniques used in this research are descriptive statistical analysis. The results of this study showed that the majority of all teachers in the schools sampled had good teaching readiness. When reviewed from each aspect it is known that: (1) Reviewed on the physical musty teachers have excellent readiness that shows a result of 97.4%. (2) Reviewed on the psychic aspect the teacher has excellent readiness, which shows a yield of 97.4%. (3) Reviewed on aspects of knowledge teachers have a good readiness that shows results of 83.9467%. (4) Reviewed on the aspects of teacher skills have good readiness, which shows the results of 82.156%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9808 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:50
Last Modified: 04 Mar 2021 04:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item