PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL REALITY “FUNGSI PUSAT SUMBER BELAJAR” PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN PUSAT SUMBER BELAJAR

GERRY SEVTRIAN VIVALDI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL REALITY “FUNGSI PUSAT SUMBER BELAJAR” PADA MATA KULIAH PENGELOLAAN PUSAT SUMBER BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran Virtual Reality 360 materi Fungsi Pusat Sumber Belajar pada mata kuliah Pengelolaan Pusat Sumber Belajar bagi mahasiswa Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta. Media Pembelajaran Virtual Reality 360materi Fungsi Pusat Sumber Belajar untuk memberikan media pembelajaran baru pada mata kuliah Pengelolan Pusat Sumber Belajar. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan produk Hannafin dan Peck yang dipadukan dengan model DID (Dynamic Instructional Design). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli untuk mengkaji, yaitu ahli materi dan ahli media, serta subjek mahasiswa Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta yang menjadi calon pengguna media pembelajaran. Penentuan uji coba dalam evaluasi formatif dilakukan dengan perorangan (One-to-one) berjumlah 3 orang mahasiswa Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dan juga secara berkelompok kecil (small group). Teknik pengumpulan adalah menggunakan angket. Angket digunakan untuk memberikan evaluasi yang diberikan oleh pengguna sebagai pengukuran keberhasilan pengembangan ini dalam menghasilkan media pembelajaran. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil kajian evaluasi formatif oleh para ahli menyatakan media Virtual Reality 360 materi Fungsi Pusat Sumber Belajar sudah layak sebagai media pembelajaran dengan beberapa perbaikan. Hasil uji coba pengguna menyatakan bahwa media Virtual Reality 360 materi Fungsi Pusat Sumber Belajar memiliki kelayakan yang sangat baik. This research aims to develop a virtual reality learning media product of Learning Resource Center Function in the course of Learning Resource Center Management for Education Technology students at Jakarta State University. Virtual Reality Learning Media Learning Center Functions to provide new learning media in learning center management courses. This research is included in this type of development research by referring to hannafin and peck product development models combined with DID models (Dynamic Instructional Design). The subjects of this development study are experts, namely materials experts and media experts, as well as subjects of Education Technology students at Jakarta State University who are prospective users of learning media. The determination of trials in formative evaluation was conducted with individuals (One-to-one)a total of 3 students of Educational Technology at The State University of Jakarta and also insmall groups. The collection technique is to use a questionnaire. Polls are used to provide evaluations given by users as a measurement of the success of this development in generating learning media. The data is analyzed descriptively quantitatively and qualitatively. The results of a formative evaluation trial by experts state the Virtual Reality 360°Learning Resource Center function is already° feasible as a learning medium with some improvements. User trial results state that virtual reality media 360° Learning Resource Center Functions have excellent feasibility.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cecep Kustandi, M.Pd. ; 2). Retno Widyaningrum, S.Sos, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9730 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:15
Last Modified: 04 Mar 2021 07:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13848

Actions (login required)

View Item View Item