Penggunaan Metode Drill dan Metode Jigsaw pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang bagi Mahasiswa Semester Satu Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta.

NADYA BUNGA MAYANGSARI, . (2021) Penggunaan Metode Drill dan Metode Jigsaw pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang bagi Mahasiswa Semester Satu Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mempelajari bahasa, kosakata adalah hal yang penting untuk dikuasai. Jika siswa memiliki kesulitan dalam menguasai kosakata maka tidak menutup kemungkinan siswa akan kesulitan dalam menguasai bahasa yang ia pelajari. Kosakata bahas Jepang terdapat 1.000 – 1.500 kata dalam buku teks tingkat dasar. Dalam penggunaannya pada pelajaran di dalam kelas, metode jigsaw adalah metode yang masih jarang digunakan di dalam kelas. Sedangkan metode drill merupakan metode yang sering digunakan untuk pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan uji coba kepada 20 orang mahasiswa semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta, dengan memberikan bimbingan belajar. Setelah memberikan bimbingan belajar, selanjutnya adalah melakukan wawancara non-formal. Di mana dari wawancara non-formal tersebut, mendapatkan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kolaborasi metode drill dan metode jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dari penelitian terdahulu, uji coba kepada mahasiswa semester satu, dan penjabaran rancangan serta hasil yang didapatkan dengan metode deskriptif kualitatif. These research objective, are to use drill method and jigsaw method in Japanese language study, especially in memorize vocabulary. In Japanese learning textbooks, there are 1.000-1.500 vocabularies. Of course this numbers are not small to foreign speaker when learn Japanese. Drill method is often use in studying foreign language, but this method has its own deficiency. While, jigsaw method is a student centered method, but rarely use in class. These two methods are being paired to cover the deficiency that shown from each method. These research results, are shown after being tested to 20 students of Japanese language study major of State University of Jakarta. The result is after using these two method, students found it helpful to memorize the vocabulary they learned that day. However, the time that provided to use these method is not enough, because of used a free version of zoom so the meeting room closes every 40 minutes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Poppy Rahayu, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 9887 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:33
Last Modified: 06 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item