HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK

TSANIYA SHOLIHAH, . (2021) HUBUNGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran student centered siswa membutuhkan regulasi diri dalam belajar untuk mengoptimalkan proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan regulasi diri dalam belajar dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 106 siswa. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji regresi dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,438 yang artinya terdapat hubungan positif regulasi diri dalam belajar dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem gerak yang cukup kuat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi regulasi diri dalam belajar, maka semakin tinggi pula keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,19 yang berarti regulasi diri dalam belajar memberikan kontribusi sebesar 19% terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dan 81% ditunjang oleh faktor lainnya. The student-centered learning process requires self-regulated learning students to optimize the learning process so that learning objectives to develop higher-order thinking skills can be achieved. This study aimed to investigate the correlation between self-regulated learning with students' high-order thinking skills on movement system topics. This research used a descriptive correlational method with 106 students sample. The analysis technique used is simple regression and correlation test. The results showed that the correlation coefficient is 0.438, which means that there is a positive correlation between self-regulated learning and students' higher-order thinking skills in movement system topics which is quite strong. This revealed as the self-regulation in learning increased, the students' higher-order thinking skills also increased. The coefficient determination result is 0.19 which means that self-regulated learning contributes 19% to higher-order thinking skills and 81% is supported by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M.Biomed. ; 2). Dra. Yulilina Retno Dewahrani, M.Biomed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 9688 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 08:55
Last Modified: 06 Jul 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item