PENERAPAN TEKNIK DISPUTE COGNITIVE DALAM REBT UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PADA MAHASISWA (Single Subject Research terhadap Mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta)

NOVI FITRIANI, . (2016) PENERAPAN TEKNIK DISPUTE COGNITIVE DALAM REBT UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PADA MAHASISWA (Single Subject Research terhadap Mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (687kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik dispute cognitive terhadap peningkatan resiliensi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Psikologi 2014 sebanyak satu orang yang berinisial FDP. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu responden diambil dengan pertimbangan dan tujuan tertentu yaitu memiliki resiliensi rendah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B, dimana A adalah kondisi baseline yang belum diberikan intervensi, dan B kondisi intervensi dengan teknik dispute cognitive yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki resiliensi rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Resiliensi. Hasil penelitian menunjukkan intervensi pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dengan menggunakan teknik Dispute Cognitive dapat meningkatkan resiliensi. Terbukti dari resiliensi FDP mengalami peningkatan setelah diberikan intervensi dengan skor 201 dalam kategori sedang dibandingkan sebelum adanya intervensi sebesar 170 dalam kategori rendah. Temuan ini memberi implikasi positif bahwa resiliensi perlu diperhatikan karena individu yang memiliki resiliensi tinggi dapat berfungsi dengan baik dalam mengatasi segala tantangan yang ada di lingkungan untuk mencapai kesuksesan akademis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Wahyuni, MAAPD ; 2). Happy Karlina Marjo, M.Pd. Kons
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 14:20
Last Modified: 12 Nov 2019 14:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1414

Actions (login required)

View Item View Item