PENGGUNAAN MEDIA REALIA (BENDA TIRUAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MEMBILANG 1-10 PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG (Penelitian Tindakan Kelas III SD di SLBN 02 Jakarta Selatan)

NOVIYANA, . (2016) PENGGUNAAN MEDIA REALIA (BENDA TIRUAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MEMBILANG 1-10 PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG (Penelitian Tindakan Kelas III SD di SLBN 02 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
9. BAB. I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
10. BAB. II.pdf

Download (271kB)
[img] Text
11. BAB. III.pdf

Download (67kB)
[img] Text
12. BAB. IV.pdf

Download (342kB)
[img] Text
13. BAB. V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (102kB)
[img] Text
SKRIPSI_NOVIYANA _1335125792_ PLB 2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika membilang 1-10 melalui penggunaan media realia pada siswa tunagrahita sedang kelas III SD di SLBN 02 Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada bulan September 2015 sampai dengan Desember 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 5 siswa. Fokus penelitian adalah peningkatan hasil belajar matematika membilang 1-10. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taqqart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri 3 tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini mengalami peningkatan, yang terlihat adanya peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II serta pada proses pembelajaran siswa terlihat aktif dan cukup antusias menggunakan media realia berupa benda tiruan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media realia dapat meningkatkan hasil belajar matematika membilang 1-10 pada siswa tunagrahita sedang kelas III SLBN 02 Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Arif Taboer, M.Pd ; 2). Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 14:49
Last Modified: 12 Nov 2019 14:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item