NUR MAIDA RAHMA, . (2016) Meningkatkan Kemandirian belajar dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
abstrak.pdf Download (178kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (341kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (20kB) |
|
Text
Daftar Isi Fix.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
jurnal Ida fix.pdf Download (224kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
Lembar PENGESAHAN SKRIP.pdf Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (33kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (113kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan saintifik pada siswaa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan yang berjumlah 22 siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian tindakan Stephen Kemmis dan Taggart. Adapun prosedur penelitiannnya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan/pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I, hasil pengamatan kemandirian belajar siswa mendapat presentase 60%, kemudian data angket siswa dengan presentase 62,25%. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan dari hasil pengamatan kemandirian belajar siswa yang mendapat presentase 85,19%, kemudian data angket siswa dengan presentase 81%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan dapat meningkatkan kemandirian belajar. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan pendekatan saintifik untuk dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 15:27 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 15:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1421 |
Actions (login required)
View Item |