Meningkatkan Kemandirian belajar dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan

NUR MAIDA RAHMA, . (2016) Meningkatkan Kemandirian belajar dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi Fix.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
jurnal Ida fix.pdf

Download (224kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Lembar PENGESAHAN SKRIP.pdf

Download (22kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (33kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan saintifik pada siswaa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan yang berjumlah 22 siswa. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian tindakan Stephen Kemmis dan Taggart. Adapun prosedur penelitiannnya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan/pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I, hasil pengamatan kemandirian belajar siswa mendapat presentase 60%, kemudian data angket siswa dengan presentase 62,25%. Sedangkan pada siklus II, terjadi peningkatan dari hasil pengamatan kemandirian belajar siswa yang mendapat presentase 85,19%, kemudian data angket siswa dengan presentase 81%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDS Laboratorium PGSD FIP UNJ Jakarta Selatan dapat meningkatkan kemandirian belajar. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan pendekatan saintifik untuk dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Nov 2019 15:27
Last Modified: 12 Nov 2019 15:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item