PENGEMBANGAN MOBILE WEBCOMIC PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MURID KELAS 10 SMA NEGERI 42 JAKARTA

RAFIDA ADAWIYAH, . (2021) PENGEMBANGAN MOBILE WEBCOMIC PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MURID KELAS 10 SMA NEGERI 42 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk mobile webcomic yang diharapkan dapat membantu murid kelas X SMA belajar materi protista yang diajarkan pada mata pelajaran biologi. Produk ini diharapkan dapat menjadikan materi lebih menarik untuk dipelajari dan meningkatkan motivasi untuk belajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk mengembangkan produk webcomic yang terdiri dari tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media mendapatkan skor evaluasi sejumlah 3,8 dari ahli media dan 3,7 dari ahli materi, keduanya masuk ke dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil dari uji coba one to one adalah 3,42 yang masuk dalam kategori sangat baik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk mobile webcomic memiliki kualitas baik dan dapat digunakan oleh peserta didik kelas X SMA untuk membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran materi protista. This research aims to produce a product of mobile webcomic that can help grade 10 senior high school students learn the topic of protists in the biology subject.This media is expected to help make the subject more interesting to learn and increases motivation to study.This research used the ADDIE model to develop the webcomic, the model consists of steps as follows: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The media received a score of 3,8 from media expert, and 3,7 from subject expert. Meanwhile score from one to one evaluation has an average score of 3,42. This concludes that the mobile webcomic is suitable to be used by grade 10 students to learn the subject of biology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Santi Maudiarti S.E, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9739 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 08:48
Last Modified: 10 Mar 2021 08:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14465

Actions (login required)

View Item View Item