HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SEL

AYUMITIA PUTRI, . (2021) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI SEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan hasil belajar kognitif peserta didik SMA pada materi sel. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel sebanyak 85 siswa. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji regresi dan korelasi sederhana. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,997 yang artinya terdapat hubungan positif literasi digital dengan hasil belajar kognitif peserta didik SMA pada materi sel. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi digital, maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif peserta didik SMA pada materi sel. Koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,994 yang berarti literasi digital memberikan kontribusi sebesar 99,4% terhadap hasil belajar kognitif peserta didik SMA pada materi sel dan 0,6% ditunjang oleh faktor lainnya. Sekolah mungkin masih perlu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik SMA melalui optimalisasi integrasi ICT dalam pembelajaran. Kata Kunci literasi digital, hasil belajar kognitif, sel This study aimed to investigate the correlation between digital literacy with cognitive learning outcomes of cell in high school students. This research used a descriptive correlational method with 85 students sample. The analysis technique used is simple regression and correlation test. The results showed that the correlation coefficient is 0.997, which means that there is a positive correlation between digital literacy and cognitive learning outcomes of cell in high school students. This revealed as digital literacy increased, cognitive learning outcomes of cell in high school students also increased. The coefficient determination result is 0.994 which means that digital literacy contributes 99,4% to cognitive learning outcomes of cell in high school students and 0,6% is supported by other factors. Schools may still need to develop cognitive learning outcomes in high school students through optimizing ICT integration in learning. Keywords. digital literacy, cognitive learning outcomes, cell

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rusdi, M.Biomed. ; 2) Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 9930 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 10:26
Last Modified: 08 Mar 2021 10:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item