PENGEMBANGAN FLAP BOOK DAN VIDEO ANIMASI “MAJAMA” (MARI BELAJAR BERSAMA) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

RAUDYA VALYA NUGRAHANTI, . (2021) PENGEMBANGAN FLAP BOOK DAN VIDEO ANIMASI “MAJAMA” (MARI BELAJAR BERSAMA) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesediaan media pembelajaran yang terbatas di sekolah dan jarang digunakan oleh guru dapat berakibat pada kurangnya stimulasi yang diberikan pada anak. Anak merasa mudah bosan karena materi yang dipaparkan kurang menarik terutama saat memahami konsep matematika. Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media flap book dan video animasi MAJAMA untuk menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4 – 5 tahun. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 tahap dalam pengembangannya yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Implement (Impikasi), dan Evaluate (Evaluasi). Setiap tahapan dilalui untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak. Penilaian pada pengembangan ini menggunakan skala 1 – 4. Dari hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh nilai keseluruhan dari ahli media sebesar 3.79, dari ahli materi sebesar 3.81, dan dari hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada anak usia 4 – 5 tahun sebesar 3.64. Hasil tersebut dikategorikan sangat sesuai sehingga produk MAJAMA dapat dikatakan layak dan sudah berhasil untuk menstimulasi kemampuan matematika permulaan anak usia 4 – 5 tahun. Flap book dan video animasi MAJAMA dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika yang menarik bagi anak agar proses pembelajaran lebih menyenangkan. The limited availability of learning media in schools and rarely used by the teachers can effect in lack of stimulation that given to children.Children feel bored easily because the material presented is less attractive, especially when understanding math concepts. This is a development research that aims to develop MAJAMA's flap book and animated videomedia to improve the earlymath skills of children aged 4 to5 years. This development uses ADDIE development model. There are 5 stages in its development, namely Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Each stage is passed to produce a product that suits the learning needs of the child. The evaluation on this development uses a scale of 1 -4. From the results of the trials conducted, the overall score of media experts is 3,79, from material experts is 3,81, and from the results of limited trials conducted on children aged 4 to5 years is3,64. These results are categorized as very suitable so that the MAJAMA product can be said to be goodand has succeeded in stimulating the earlymath skills of children aged 4 to5 years. MAJAMA's flap book and animated video can be used as an attractive mathematics learning mediafor children to make the learning process moreenjoyable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Niken Pratiwi, M.Pd. ; 2). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 9925 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 10:52
Last Modified: 10 Mar 2021 10:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14542

Actions (login required)

View Item View Item