PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH DRAINASE PERKOTAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNA

PRISMA CEILA PERDANA, . (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH DRAINASE PERKOTAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa serta kendala pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah Drainase Perkotaan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 dan 2017 yang mengambil mata kuliah Drainase Perkotaan pada semester genap tahun akademik 2019/2020 dengan sampel penelitian berjumlah 47 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran jarak jauh Drainase Perkotaan cukup baik. Pengorganisasian materi serta pengunaan media, metode serta platform yang digunakan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran meskipun pembelajaran belum sistematis. Mahasiswa telah memiliki fasilitas serta pengetahuan tentang pembelajaran jarak jauh sehingga tingkat pembelajaran telah sesuai. Pendidik telah memberikan sikap positif berupa kesempatan bertanya dan memberikan umpan balik terhadap tugas yang diberikan namun pembelajaran jarak jauh tidak meningkatkan motivasi mahasiswa. Pengalokasian waktu dalam pembelajaran sudah cukup baik dalam pembelajaran maupun dalam mengerjakan tugas. Kendala dalam PJJ Drainase Perkotaan adalah kurangnya interaksi dalam pembelajaran, sinyal yang kurang mendukung dalam mengakses pembelajaran, kurangnya pemahaman materi serta diperlukannya variasi media dalam pembelajaran. Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran Jarak Jauh, Drainase Perkotaan This study aims to find out the perception of students as well as the constraints of distance learning in Urban Drainage course of the Building Engineering Education Educational Program. This research is quantitative descriptive. The research population is students of Building Engineering Education class 2016 and 2017 who took Urban Drainage courses in the even semester of academic year 2019/2020 with a research sample of 47 students.The results showed that students perception of urban drainage distance learning is quite good. The organizing of materials and the use of media, methods and platforms used are in accordance with the objectives of learning has not been systematic. Students already have facilities and knowledge about distance learning so that the level of learning is appropriate. Educators have given positive attitudes in the form of opportunities to ask questions and give feedback on assignments given but distance learning does not increase student motivation. Allocating time in learning is enough both in learning and in doing tasks. Obstacles in distance learning in Urban Drainage are lack of interaction in learning, less supportive signals in accessing learning, lack of material understanding and the need for media variation in learning. Keywords: Perception, Distance Learning, Urban Drainage

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Arris Maulana, S.T, M.T 2) R. Eka Murtinugraha, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 9965 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:46
Last Modified: 09 Mar 2021 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14556

Actions (login required)

View Item View Item