PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGAJAR PENUTUR JATI DALAM PENGAJARAN BAHASA MANDARIN

MAGRY NOVDELIA, . (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGAJAR PENUTUR JATI DALAM PENGAJARAN BAHASA MANDARIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, penguasaan bahasa asing sangat dibutuhkan. Selain bahasa Inggris, bahasa asing yang telah diakui kedudukannya sebagai bahasa internasional adalah bahasa Mandarin. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merupakan salah satu institusi pendidikan yang membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin (PSPBM) sejak tahun 2014. Pada tahun 2015 PSPBM UNJ mulai melibatkan pengajar penutur jati untuk mengajar keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Pengajar penutur jati merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam pengajaran bahasa asing, karena pengajar penutur jati dianggap sebagai model yang memiliki kesempurnaan pengucapan, keteraturan struktur bahasa dan kosakata, serta dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang komunikatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pengajar penutur jati dalam pengajaran bahasa Mandarin mencakupi tiga aspek, yaitu aspek pedagogis, aspek linguistik, dan aspek sosial budaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa PSPBM UNJ terhadap pengajar penutur jati secara umum positif, mahasiswa pada umumnya beranggapan bahwa pengajar penutur jati memenuhi indikator yang terdapat dalam aspek pedagogis, aspek linguistik, dan aspek sosial budaya. Persepsi positif terhadap penutur jati memiliki pengaruh baik dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin di PSPBM UNJ. Recently, in the era of globalization, the mastery of foreign languages is urgently needed. Apart from English, Chinese language is a foreign language that has been recognized as an international State University of Jakarta (UNJ) is one of the educational institutions that has opened a China Language Education (PSPBM) since 2014. In 2015, PSPBM UNJ began to involve native Chinese-Speaking teacher to teach Chinese speaking skills. Native teachers are one of the influencing factors in teaching foreign languages, because they are considered to became models of perfect pronunciation, language structure and vocabulary, and can create natural communicative learning conditions. The purpose of this study was to determine students' perceptions towards native Chinese-Speaking teacher based on three aspects, namely pedagogical aspects, linguistic aspects and socio-cultural aspects. This research is a descriptive study with a survey method. The results showed that the perceptions of the PSPBM UNJ students towards native Chinese-Speaking teacher were generally positive, students generally thought that native Chinese-Speaking teacher met the indicators contained in pedagogical aspects, linguistic aspects, and socio-cultural aspects. Positive perceptions of native speakers have a good influence on the learning process of Chinese foreign language teaching in PSPBM UNJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ayu Trihardini, M.A. 2). Rizky Wardhani, S.S., M. Pd., M.TCSOL.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Mandarin
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 9289 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:56
Last Modified: 18 Mar 2021 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item