MODEL GERAK MANIPULATIF MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN

ALYO PRASETYA KUSUMA, . (2021) MODEL GERAK MANIPULATIF MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI UNTUK ANAK USIA 6-12 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

ABSTRAK Penilitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan untuk menghasilkan produk baru yang digunakan untuk meningkatkan Gerak manipulatif anak usia 6 – 12 tahun. Pengambilan data dilakukan pada bulan November - Desember 2020 yang bertempat Di Balai Rw:012 Tridharma, Cilandak Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R &D) dari ADDIE, yaitu dengan mengembangkan model permainan dengan 5 (Lima) tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implement), 5.) Evaluasi (Evaluate). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 6 – 12 tahun yang berjumlah 12 anak sebagai subjek Uji Coba (Praktek Lapangan). Uji validasi yang digunakan pada penelitian adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang telah dibuat diujicobakan, kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli sesuai dengan variabel yang terkait. Uji coba yang dilakukan dengan memberikan 15 model permainan yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket justifikasi oleh dosen ahli (expert judgment). Setelah divalidasi oleh dosen ahli maka didapatkanlah 13 model permainan yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji coba. Model permainan ini nantinya dapat dijadikan referensi oleh para pengajar anak-anak untuk menstimulus aktivitas gerak khususnya gerak manipulatif anak. Kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah 13 model gerak manipulatif melalui permainan modifikasi untuk anak usia 6 – 12 tahun yang peneliti buat layak dilakukan serta digunakan. Kata Kunci : Model Permainan, Gerak Manipulatif, Permainan, Anak Usia 6 – 12 tahun ********** ABSTRACT This study aims to develop a game model to produce new products that are used to improve manipulative movements for children aged 6-12 years. Data collection was carried out in November - December 2020 at Balai RW: 012 Tridharma, West Cilandak. The research method used in this research is ADDIE's Research & Development (R & D) method, namely by developing a game model with 5 (five) stages, namely 1.) Analysis (Analyze), 2.) Design (Design), 3. ) Development (Development), 4.) Implementation (Implement), 5.) Evaluation (Evaluate). The population used in this study were children aged 6 – 12 years, totaling 12 children as the subject of the trial (field practice). The validation test used in this study is to use the expert justification test, where the model that has been made is tested, then consulted and assessed by experts according to the related variables. Experiments were carried out by providing 15 game models that the researcher had made to be analyzed by filling out a justification questionnaire by an expert lecturer (expert judgment). After being validated by expert lecturers, 13 game models were deemed feasible and then tested. This game model can later be used as a reference by children's teachers to stimulate movement activities, especially children's manipulative movements. The final conclusions obtained through this research are 13 manipulative motion models through modified games for children aged 6 – 12 years that the researchers made are feasible to do and use. Keywords : Game Model, Manipulative Motion, Games, Children 6-12 years old

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). DR. Nofi Marlina Siregar, M.Pd. ; 2). DR. Abdul Gani, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 10195 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 00:30
Last Modified: 18 Mar 2021 00:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item