MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 05 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

OLIVA O RONSUMBRE, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY TENTANG MASALAH SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 05 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. cover.pdf

Download (95kB)
[img] Text
02. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
06. PERSETUJUAN KOMISI PEMBIMBING.pdf

Download (8kB)
[img] Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR ISI DAN KATA PENGANTAR.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
01. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
05. LEMBAR PERSETUJUAN VALIDASI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
06. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini berupa:Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPS melalui metode pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Menteng Atas 05 Pagi Setiabudi Jakarta selatan. Penelitian dilaksanakan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, hasil belajar aspek kognitif menunjukkan persentase rata-rata nilai kelas sebesar 58% sehingga belum dinyatakan tuntas belajar karena ketuntasan belajarnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Mnimal (KKM) yaitu sebesar 85%. Pada siklus II mengalami peningkatan persentase hasil belajar kognitif menjadi 89%. Hasil belajar afektif pada siklus I aspek sikap peduli sebesar 64%, komunikatif 61%, tanggung jawab 64%, kerjasama 71% dan menyumbangkan ide 61% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar sikap peduli 89%, komunikatif 81%, tanggung jawab 83%, kerjasama 89%, menyumbangkan ide 81%. Hasil belajar psikomotor pada siklus I dalam menempel potongan gambar masalah sosial dalam indikator persiapan 71%, proses 68%, dan hasil 68% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar persiapan 97%, proses 89%, dan hasil 92%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar tentang masalah sosial, dengan metode cooperative learning tipe two stay tw stray, siswa terlibat aktif, bersemangat, meningkat percaya diri siswa dan membangun pengetahuannya sendiri maupun kelompok dengan kemampuan-kemampuan tersebut, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat sudrajat, S.Pd, M.Pd, ; 2). Dra. Windhiyanti
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 14:23
Last Modified: 13 Nov 2019 14:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item