PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK (Studi Pada Program Studi Teknik Ketenagalistrikan Di SMKN 1 Tambelang)

ARFYAN AGNI PUTRA, . (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK MATA PELAJARAN SISTEM KENDALI ELEKTRONIK (Studi Pada Program Studi Teknik Ketenagalistrikan Di SMKN 1 Tambelang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (15kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (16kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (59kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (193kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (159kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (94kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable). Bahwa diduga ada pengaruh yang positif penggunaan media pembelaran trainer terhadap hasil belajar praktik Sistem Kendali Elektronik pada siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Tambelang. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan sejak bulan Februari 2014 sampai April 2014, penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tambelang, Kabupaten bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TK (Teknik Ketenagalistrikan) berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI TK A dan 30 siswa kelas XI kelas TK B. Untuk mendapatkan data variabel X1 (Penggunaan Media Pembelajaran Trainer) digunakan instrumen berbentuk Jobsheet yang diberikan kepada siswa kelas XI Teknik Ketenaga Listrikan, Setelah itu dilakukan uji validitas isi dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Penggunaan Trainer) sebesar 0,626. Dan variabel X2 (Tanpa Menggunakan Media Pembelajaran Trainer), diperoleh melalui data sekunder berupa hasil nilai praktikum semester genap mata pelajaran Sistem Kendali Elektronik. Uji prasyarat Analisis yang dilakukan adalah uji Liliefors pada variabel X1 dan diperoleh rumus Lhitung = 0,158 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,161. Maka Lo < Lt, berarti X1 berdistribusi normal. Sedangkan uji Liliefors pada variabel X2 dan diperoleh rumus Lhitung = 0,113 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,161. Maka Lo < Lt, berarti X1 berdistribusi normal. uji homogenitas menghasilkan Fhitung (1,72) < Ftabel (1,90), ini berarti model populasi homogen. Uji hipotesis diperoleh dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (2,02) sedangkan ttabel pada dk = n-2 = 60 -2 = 58 dan taraf signifikansi 0,05 adalah (10,972) berarti thitung > ttabel. Kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran trainer terhadap hasil belajar praktik siswa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran trainer lebih tinggi dan terdapat perbedaan yang signifikan bila dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran trainer pada mata pelajaran sistem kendali elektronik di Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Tambelang ********* This study aims to get the data / facts right (valid, true, valid) and trustworthy (reliable). Suspected that there is a positive effect of media use pembelaran trainer to practice learning outcomes Electronic Control Systems in Class XI in SMK Negeri 1 Tambelang. This research was carried out for 2 months from February 2014 to April 2014, research was conducted at SMK Negeri 1 Tambelang, Bekasi regency. The research method used is the experimental method. The study population was all students kindergarten class XI (Electrical Power Engineering) totaled 80 students. The samples in this study were 30 students of class XI A and 30 kindergarten students in grade kindergarten class XI B. To get the data variable X1 (Use of Instructional Media Trainer) used Jobsheet shaped instrument that is given to students of class XI ELECTRICITY Technique, After that tested the content validity and reliability tests with Cronbach alpha formula. Results of the reliability of the variable X (Use Trainer) of 0.626. And variable X2 (Without Using Learning Media Trainer), obtained through secondary data from the results of the practicum semester subjects Electronic Control Systems. Prerequisite test analysis was performed on variables X1 Liliefors test and obtained the formula Lhitung = 0.158 compared with Ltabel at significant level of 0.05 at 0.161. So Lo <Lt, means X1 is normally distributed. While Liliefors the X2 test and obtained the formula Lhitung = 0.113 compared with Ltabel at significant level of 0.05 at 0.161. So Lo <Lt, means X1 is normally distributed. homogeneity test yield of F (1,72) <F table (1.90), this means a homogeneous population model. Hypothesis test is obtained by using the t test. The results obtained are tcount (2.02) while ttable on df = n-2 = 60 -2 = 58 and a significance level of 0.05 was (10,972) means tcount> ttable. Conclusion there are significant use of instructional media trainer to the learning outcomes of the experimental class students practice using instructional media trainer higher and there is a significant difference when compared with the control class that does not use instructional media trainer on the subjects of electronic control systems in the Department of Electrical Power Engineering SMK 1 Tambelang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Wisnu Djatmiko, MT ; 2). Drs. Readysal Monantum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:56
Last Modified: 16 Mar 2021 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15015

Actions (login required)

View Item View Item