PENGARUH KONSELING ONLINE MENGGUNAKAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS TERHADAP KECEMASAN SISWA PADA SAAT PRESENTASI DI SMPN 232 JAKARTA

NENI NUR UTAMI, . (2021) PENGARUH KONSELING ONLINE MENGGUNAKAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS TERHADAP KECEMASAN SISWA PADA SAAT PRESENTASI DI SMPN 232 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Desensitisasi Sistematis untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa pada saat presentasi di SMPN 232 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian subjek tunggal dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa perempuan kelas VIII SMPN 232 Jakarta yang memiliki tingkat kecemasan tinggi pada saat presentasi berdasarkan hasil pengukuran kecemasan instrumen state and trait anxiety (STAI). Data yang diperoleh selama penelitian kemudian dianalisis dengan cara analisis dalam kondisi pada kondisi baseline (A) dan kondisi intervensi (B) serta dilakukan analisis antar kondisi baseline (A) dengan kondisi intervensi (B). Skor pada kondisi baseline cenderung stabil dan skor pada kondisi intervensi cenderung menurun. Skor kecemasan sebelum dilakukan intervensi adalah 121 (berada pada kategori tinggi) kemudian menurun menjadi 64 (berada pada kategori rendah) setelah diberikan intervensi. Hasil persentase overlap pada penelitian ini memperlihatkan bahwa teknik Desensitisasi Sistematis berpengaruh pada menurunnya tingkat kecemasan siswa pada saat presentasi. Kata kunci: teknik Desensitisasi Sistematis, kecemasan pada saat presentasi, siswa SMP This study is aimed to determine the effect of the Systematic Desensitization technique to reduce student's anxiety levels during the presentation at SMPN 232 Jakarta. The study used is single-subject research with an A-B design. The subject in this study is a female student of grade VIII at SMPN 232 Jakarta who had a high level of anxiety while doing the presentation based on the results of measuring anxiety in the state and trait anxiety (STAI) instrument. The data obtained are analyzed through analysis in the baseline conditions (A) and the intervention conditions (B) and analysis were obtained between the baseline conditions (A) and the intervention conditions (B). The baseline score tends to be stable and the score in the intervention condition tends to decrease. Score of anxiety before the intervention was 121 (in the high category) then decreased to 64 (in the low category) after being given the intervention. The results of the overlap percentage show that the Systematic Desensitization technique has an impact on reducing the level of student anxiety during the presentation. Keywords: Systematic Desensitization technique, anxiety during the presentation, junior high school student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi. ; 2). Drs. Djunaedi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 10008 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 08:14
Last Modified: 18 Mar 2021 08:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item